312 Siswa SMA Jabar Ikuti OSN 2019 Tingkat Provinsi

312 Siswa SMA Jabar Ikuti OSN 2019 Tingkat Provinsi
OSN Tingkat Provinsi Jawa Barat 2019

INILAH, Bandung - Sebanyak 312 siswa Sekolah Menengah Atas (SMA) di Jawa Barat (Jabar) mengikuti Olimpiade Sains Nasional (OSN) 2019 tingkat provinsi.

Acara ini dilaksanakan di Hotel Bumi Makmur Indah, Jalan Raya Lembang 224, Lembang, Kabupaten Bandung Barat (KBB), Senin (8/4/2019). 

Kegiatan tahunan ini melombakan 9 mata pelajaran. Untuk para pemenang dari setiap mata pelajaran akan mewakili Jabar di kancah nasional yang akan diadakan di Manado, Sulawesi Utara, pada 30 Juni 2019 mendatang.

Kesembilan mata pelajaran tersebut, antara lain Fisika, Kimia, Matematika, Astronomi, Biologi, Ilmu Kebumian, Informatika/Komputer, Geografi, dan Ekonomi. 

Kadisdik Jabar, Dewi Sartika mengungkapkan, bangga kepada seluruh peserta karena berhasil mengikuti OSN tingkat provinsi. Mereka adalah yang terbaik dari sekitar 670 ribuan siswa SMA di Jabar. "Saya sangat bangga, mereka memang luar biasa," ungkapnya.

Dewi Sartika menuturkan, penting bagi siswa mengasah jiwa kompetisi sehingga menumbuhkan mental juara. Sebelumnya, mereka telah berkompetisi dengan dirinya sendiri, sepeti menentukan prioritas dari kesibukannya sebagai siswa. "Sehingga, mereka telah terasah dan siap bersaing sehat dengan peserta lainnya," tambahnya.

Sementara itu, Kepala Bidang Pembinaan Sekolah Menengah Atas (Kabid PSMA) Disdik Jabar, Yesa Sarwedi menuturkan, peserta OSN tingkat provinsi telah mengikuti tahap seleksi di kabupaten/kota. "Sehingga, mereka yang ada di sini adalah yang terbaik dari yang terbaik," tuturnya.

Yesa menjelaskan, kegiatan tersebut sebagai upaya memotivasi, sekaligus mengembangkan prestasi siswa. "Kita pun jadi tahu mereka yang punya potensi dan kemampuan di mata pelajaran yang dikuasai. Semoga mereka yang mewakili Jabar mampu menorehkan prestasi di tingkat nasional," harapnya.

Salah satu peserta, Nabil Khwarizmi Syuhada menyatakan siap berkompetisi di OSN ini. Siswa SMAN 2 Cibinong itu mengatakan, ini kali pertamanya mengikuti OSN tingkat provinsi. 

"Tahun sebelumnya cuma di tingkat kabupaten, Alhamdulillah sekarang lolos," ujar peserta mata pelajaran Kimia tersebut.

Nabil pun memiliki cara tersendiri dalam melakukan persiapan. Selain tekun latihan mengerjakan soal, Abil pun tak lupa meluangkan waktu bermain untuk menyegarkan pikirannya. "Jadi enggak melulu belajar, diselingi sama main juga biar otak lebih fresh," ucap siswa kelas XII itu.

OSN tingkat provinsi ini diadakan selama empat hari, mulai 8 April hingga 11 April 2019. Di hari pertama (Selasa), mata pelajaran yang diujikan adalah Matematika, Kimia, dan Fisika. Sedangkan hari kedua, Biologi, Kimia, dan Astronomi. Hari terakhir, Ekonomi, Kebumian, dan Geografi.