Tingkatkan Kesadaran UMKM, Kanwil DJP Jabar I Siapkan Program BDS

Tingkatkan Kesadaran UMKM, Kanwil DJP Jabar I Siapkan Program BDS
Ilustrasi
INILAH, Bandung - Kepala Kanwil DJP Jawa Barat I Neilmaldrin Noor mengatakan, pihaknya gencar mengajak para pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) untuk sadar pajak.
 
Untuk itu, pihaknya menyiapkan program khusus bagi pelaku UMKM. Program tersebut dinamakan Bussines Development Service (BDS).
 
"Selama ini, UMKM memiliki suatu keadaan psikologis yang memandang masih terlalu jauh dengan otoritas pajak. Jadi, mungkin ada perasaan takut atau segan," kata Neil di Bandung, (10/4/2019).
 
Dia menyebutkan, kepatuhan wajib pajak UMKM di Jabar masih terbilang rendah. Namun, dia tak menyebutkan angka pastinya. Program BDS itu diharapkan mampu meningkatkan kesadaran sehingga penerimaan pajak akan lebih baik.
 
Selain meningkatkan kesadaran dalam hal pajak, program tersebut dituturkan dia akan turut membantu pelaku UMKM dalam hal pengembangan usaha bahkan hingga memberikan fasilitas.
 
"Tapi, tentunya non-finansial. Jadi, kami akan membuat kantong-kantong di KPP KPP Pratama kami untuk membina UMKM baik dalam hal meningkatkan kapasitas usaha serta pemahaman mengenai pajak," ucapnya.