Ade Yasin: Operasi Nobat Harus Sasar Usaha Tambang dan Bangunan Ilegal

Ade Yasin: Operasi Nobat Harus Sasar Usaha Tambang dan Bangunan Ilegal
INILAH, Bogor - Bupati Bogor Ade Yasin meminta Operasi Nongol Babat (Nobat) yang dikomandoi Satpol PP diperluas. Menurutnya, operasi itu tak hanya terbatas pada penanganan penyakit masyarakat saja. 
 
"Saya minta ke Satpol PP dalam operasi Nobat atau penegakan perundang-undangan untuk tidak hanya merazia PSK, minuman keras dan THM tetapi juga usaha tambang ilegal dan bangunan tak berizin," kata Ade kepada wartawan, Jumat (12/4/2019).
 
Menurutnya, jika ada usaha tambang ilegal dan bangunan tak berizin di lingkungannya maka masyarakat bisa mengadukan keresahannya kepada Satpol PP.
 
"Masyarakat diharapkan mengadu kepada kami apabial ada usaha tambang yang ilegal maupun bangunan tak berizin, jika bukti-buktinya kuat kami akan menertibkan hal tersebut seperti halnya di Kecamatan Cariun pada bulan lalu," tambahnya.
 
Sejalan dengan itu, Kabid Penegakan Perundang-undangan Satpol PP Kabupaten Bogor Agus Ridho mengatakannya jajarannya siap menertibkan usaha tambang ilegal dan bangunan tak berizin dalam Operasi Nobat. 
 
"Saya sepakat dengan Bupati Ade Yasin bahwa Operasi Nobat tidak hanya berkaitan dengan PSK, minuman keras dan THM tetapi juga penindakan terhadap pelanggaran ketertiban umum lainnya seperti usaha tambang ilegal dan bangunan tak berizin. Kami siap melaksanakan tugas dan melaksanakan perintah Bupati Bogor," ucapnya.
 
Dia menerangkan, mengenai usaha tambang atau galian ilegal dalam data sementara terdapat di tujuh kecamatan di wilayah timur. Yakni, Gunung Putri, Klapannunggal, Cileungsi, Jonggol, Cariu, Tanjungsari dan Sukamakmur. Di tujuh kecamatan itu ada 22 titik galian ilegal.
 
"Dari 22 titik galian di wilayah timur ada 3 usaha ilegal tersebut yang sudah ditertibkan Satpol Kabupaten Bogor maupun Satpol PP Jawa Barat, untuk di wilayah selatan kami juga sudah mulai menertibkan sementara di wilayah barat dan utara masih dalam tahap pendataan," terangnya.
 
Terpisah, Anggota Komisi I DPRD Kabupaten Bogor Habib Agil Salim Alatas melanjutkan dalam Operasi Nobat yang dilakukan setiap Jumat malam itu jajarannya berhasil mengamankan ratusan botol minuman keras dan dirigen yang berisi minuman keras oplosan.
 
"Walaupun ada hambatan dari beberapa orang oreman, Operasi Nobat semalam berhasil menjaring pedagang jamu berusia 16 tahun yang menjual minuman keras di daerah Warung Kaleng, Desa Tugu Utara, Cisarua. Menurut Satpol PP selain mengamankan ratusan botol minuman keras dan dirigen minuman keras oplosan, kepada pemilik jamu nanti akan disidang dalam tindak pidana ringan karena melanggar Peraturan Daerah (Perda) nomor 4 tahun 2016 tentang ketertiban umum," lanjut Habib.