Drainase Buruk, Gedung Jebol, 800 Kotak Suara Rusak

Drainase Buruk, Gedung Jebol, 800 Kotak Suara Rusak
Sekitar 800 kotak suara di Ciseeng rusak diterjang banjir
INILAH, Ciseeng- Hujan deras ditambah drainase buruk di UPT Puskesmas Ciseeng, Minggu (14/4/2019) malam WIB, jadi penyebab GOR Serbaguna PGRI jebol. Sekitar 800 kotak suara pun rusak.
 
Camat Ciseeng Eddy Muslihat berang dengan jebolnya GOR Serbaguna PGRI. dia menuturkan jebolnya gedung ini merupakan yang kedua kalinya setelah dua atau tiga tahun lalu.
 
"Waktu jebol yang pertama kali sudah saya minta untuk membuat drainase yang layak, namun karena kurang pengawasan dari UPT Puskesmas Ciseeng atau Dinas Kesehatan drainase yang dibuat cuma kecil hingga air kembali menjebol gedung ini," tutur Eddy kepada wartawan, Senin (15/4/2019).
 
Dia menerangkan menerangkan akibat rusaknya 600-800 kotak suara, maka pendistribusian ke 290 Tempat Pemungutan Suara (TPS) di 10 desa tertunda.
 
"Dari 1.450 kotak suara sekitar 600 hingga 800 buah yang rusak dan diperikirakan tidak bisa digunakan lagi, Panitia Pemilu Kecamatan (PPK) Ciseeng masih menunggu kotak suara pengganti untuk selanjutnya didustribusikan ke 290 TPS," terangnya.
 
Karena Gedung GOR PGRI ini akan digunakan untuk perhitungan suara dan penyimpanan logistik pemilihan umum (pemilu), maka gedung hasil swadaya masyarakat ini akan segera diperbaiki.
 
"Gedung GOR PGRI ini kan mau dipakai lagi untuk tempat perhitungan suara dan penyimpanan logistik jadi gedung ini harus segera diperbaiki hari ini juga, UPT Puskesmas, Dinas Kesehatan dan penyedia jasa saya minta tanggung jawab terhadap perbaikan gedung karena bencana ini ada unsur kelalaian," tegas Eddy.
 
Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bogor Umi Wahyuni mengatakan KPU memastikan sebelum waktu pencoblosan kotak suara yang rusak baik di Kecamatan Ciseeng maupun wilayah lainnya akan segera diganti.
 
"KPU Kabupaten Bogor sudah mengajukan permohonan kotak suara pengganti ke KPU Provinsi Jawa Barat dan kami akan memastikan proses pemilihan calon Presiden-Wakil Presidem maupun calon legislatif berjalan dengan lancar," kata Umi.
 
Pantauan wartawan, usai bencana banjir dan jebolnya Gedung GOR PGRI ratusan kotak suara tersisa diungsikan Gedung PGRI yang berjarak 15 meter dari lokasi kejadian.