Nasib Kotak Suara Kardus Bogor, Ini Kata KPU Jawa Barat

Nasib Kotak Suara Kardus Bogor, Ini Kata KPU Jawa Barat
INILAH, Bandung – Jebolnya tembok GOR Serbaguna PGRI, Kabupaten Bogor pada Minggu (14/4/2019) malam yang menjadi gudang penyimpanan logistik pemilu 2019, ratusan kotak suara rusak terendam lumpur.
 
“Jadi pada saat petugas kami, PPK dan PPS melakukan packing di dalam ruangan gudang, tiba tiba ada angin puting beliung dan hujan, kemudian terjadi bah yang bercampur lumpur masuk ke dalam ruangan," ucap Komisioner Logistik Divisi Perencanaan dan Logistik KPU Jabar, Nina Yuningsih di Kantor KPU Jabar, Senin (15/4/2019).
 
Menurut Nina, saat kejadian itu terjadi, petugas tidak sempat menyelamatkan kotak suara. Dari 680 kotak suara yang diperiksa, ada sekitar 300 yang mengalami kerusakan.
 
"Terkait mana saja yang masih layak untuk dipergunakan, sejauh ini ada 300 yang mengalami kerusakan, sisanya masih layak, kita bersihkan dan keringkan," katanya.
 
Untuk mengatasi kekurangan, rencananya pihaknya akan meminjam kotak suara dari Kabupaten lain yang memiliki kelebihan stok kotak suara.
 
"Dari peristiwa itu, untuk surat suaranya tetap aman karena surat suara sudah berada di dalam plastik, sebenarnya kotak suara itu akan dilindungi juga dengan plastik, namun karena masih packing jadi belum terlindungi semua," ujar Nina.
 
Nina menambahkan, saat proses distribusi, kotak suara dipacking semua dengan perlengkapan yang dimasukkan dalam plastik dan disegel serta diikat, sehingga perlindungannya berlapis.
 
"Kemarin surat suara yang sudah dalam kotak masih selamat, hanya belum disegel. Ada sekitar 10 cm kena air bah bercampur lumpur, itu bisa dibersihkan dan dikeringkakan.Tetapi kalau terlalu tinggi genangan banyak surat suara lengket dan tidak layak dipergunakan, seperti terjadi di Cirebon" katanya