H-2 Pencoblosan, Persiapan KPU Jabar 99 Persen

H-2 Pencoblosan, Persiapan KPU Jabar 99 Persen
INILAH, Bandung - Pada H-2 pencoblosan, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jawa Barat memastikan persiapan Pemilu Serentak 2019 sudah 99% dalam pendistribusian logistik.
 
Komisioner Logistik Divisi Perencanaan dan Logistik KPU Jabar, Nina Yuningsih mengatakan pendistribusian logistik Pemilu kini sudah berada di tingkat kecamatan dan Panitia Pemungutan Suara (PPS) tingkat kelurahan/desa.
 
"Targetnya pada H-1 semua logistik sudah berada di setiap TPS, sampai hari ini posisi udah di kecamatan dan di PPS, targetnya semua sudah di TPS sesuai ketentuan segala perlengkapan logistik. Jadi progresnya sudah 99 persen untuk logistik," katanya di Kantor KPU Jabar, Senin (15/4/2019).
 
Menurut Nina, dalam logistik pelaksanaan Pemilu 2019, KPU Jabar hanya menyediakan surat pemberitahuan ke pemilih yaitu surat C6, sedangkan beberapa item lainnya disediakan KPU RI yang diterima KPU Jabar.
 
"Kalo untuk logistik seperti paku alat mencoblos, bantalan dan tinta disediakan oleh KPU Kabupaten dan Kota," ucapnya.
 
Selain itu, terkait kotak suara dan surat suara yang rusak karena beberapa faktor, Nina tidak memungkiri saat proses distribusi ada yang mengalami kerusakan, salah satu faktornya kejadian alam.
 
"Perjalanan distribusi tidak bisa dipungkiri ada hujan mendadak, ketika menaikan logistik ke kontainer, kotak jadi basah, ini terjadi di Cianjur. Lalu di Cirebon, saat di gudang ada puting beliung, ini menimbulkan sedikit kerusakan tapi sudah diatasi," ucapnya.
 
Sementara itu, saat ini KPU Jabar masih mempersiapkan surat suara dari TPS tambahan karena bertambahnya pemilih yang baru ditetapkan 12 April, Oleh karena itu pihaknya hari ini langsung mengurusi kekurangannya ke KPU RI sehingga pada H-1 sudah disiapkan di TPS.
 
KPU sendiri sudah menetapkan Daftar Pemilih Tetap (DPT) Jabar sebanyak 33.276.905 pemilih. Dengan total jumlah surat suara 169.993.295 surat dan 138.123 TPS.
 
"Iya, nanti malam dikejar ke Jakarta, jadi besok bisa dipastikan sudah ada di TPS," ucap Nina.