KPU Jabar: Mantapkan Pilihan Sebelum Masuk Bilik Suara

KPU Jabar: Mantapkan Pilihan Sebelum Masuk Bilik Suara
Suasana di gudang penyimpanan logistik Wisma PNKA, Jalan Kebon Kawung, Kota Bandung, Senin (15/4)
INILAH, Bandung - KPU Jabar mengimbau masyarakat untuk menentukan pilihannya saat pencoblosan pada 17 April 2019 mendatang. Bahkan, KPU berharap masyarakat sudah punya pilihan sebelum masuk bilik suara.
 
Komisioner Divisi Teknis Penyelenggaraan KPU Jabar, Endun Abdul Haq menyebut ada empat bilik suara di tiap TPS dengan masing-masing lima jenis surat suara. Artinya, waktu yang digunakan harus benar-benar efektif.
 
"Karena keterbatasan bilik suara cuma empat, KPU mengimbau masyarakat diupayakan harus punya pilihan dulu. Jadi malamnya udah istikharah, sudah pelajari track record peserta Pemilu dan rabu nanti sudah memantapkan hati," katanya di Kantor KPU Jabar, Bandung, Senin (15/4/2019).
 
Simulasi yang sudah dilakukan KPU sebelumnya, waktu yang dibutuhkan bagi pemilih yang sudah punya pilihan adalah sekitar empat menit. Namun pemilih yang masih bingung dengan pilihannya, memerlukan waktu sampai 10 menit.
 
"Ketika masuk bilik suara sudah punya pilihan, jadi jangan masuk bilik nyari dulu. Saya yakin pemilih Jabar cerdas, smart voters sehingga lima surat suara tercoblos cepat," ujar Endun.
 
Dia menambahkan terkait tata cara memilih, masyarakat bisa memilih dengan tiga opsi, yaitu diperbolehkan mencoblos partainya, nomor urutnya atau gambar partai dan calegnya. Hal tersebut dianggap sah.
 
"Misalnya ada gambar partai, dua-duanya dicoblos calegnya, itu sah tapi suara masuk ke partai, misalnya caleg nomor lima dicoblos dan nomor tujuh dicoblos kan buat siapa suaranya, jadi suara sahnya untuk partai politik," pungkasnya.