Kemenristekdikti: SDM Maritim Sangat Diperlukan

Kemenristekdikti: SDM Maritim Sangat Diperlukan
Ali Ghufron Mukti

INILAH, Jakarta - Direktur Jenderal Sumber Daya Iptek dan Dikti (SDID) Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) Ali Ghufron Mukti mengatakan sumber daya manusia di bidang maritim sangat diperlukan untuk menyongsong Indonesia sebagai pusat maritim dunia.

"Kebutuhan SDM di sektor maritim ini sangat luar biasa banyaknya, apalagi kalau Indonesia menjadi pusat maritim dunia. Mulai dari pelabuhan ke laut, laut ke pelabuhan itu membutuhkan SDM yang banyak," ujar Ghufron dalam seminar internasional bidang kemaritiman di Jakarta, Senin.

Untuk menyiapkan SDM di bidang maritim, lanjut Ghufron, perlu diperhatikan tiga hal yakni jenis SDM, kualifikasinya, dan kompetensinya.

"Jenis SDM seperti apa, lalu jenis kualifikasinya seperti apa. Katakan dari sisi yang menguasai logistik pelabuhan, itu tingkatnya kualifikasinya apa saja, D-3, D-4, S-1, bahkan S-3," jelas dia.

Lalu kompetensinya apa yang dibutuhkan, untuk ahli manajemen logistik pelabuhan. Menurut Ghufron hal itu harus dipikirkan bagaimana merancang rencana induk di bidang maritim hingga 2030.

Kemenristekdikti sudah membuat rencana induk SDM sejumlah bidang seperti kesehatan, infrastruktur, pertanian, pendidikan, dan swasembada. "Ke depan semua serbamudah dan jelas berapa kebutuhannya di setiap bidang," jelas dia lagi.

Ghufron menjelaskan di bidang maritim masih terjadi sejumlah kendala seperti program studi bidang maritim yang hanya ada di beberapa perguruan tinggi. Padahal Indonesia mempunyai cita-cita menjadi pusat maritim dunia.