Tohpati Ethnomission Sajikan Musik Kolaboratif HUT TIM

Tohpati Ethnomission Sajikan Musik Kolaboratif HUT TIM

Sabtu, 10 November 2018 | 17:27 WIB - Oleh: Inilah koran
. youtube.com
INILAH, Jakarta - Grup bentukan gitaris Tohpati, Tohpati Ethnomission, tampil di panggung perayaan ulang tahun ke-50 Taman Ismail Marzuki (TIM) melalui musik kolaboratif, memadukan instrumen musik tradisional kendang dan suling dengan gitar, bass dan drum.

"Ada yang bilang progressive jazz rock, macam-macam sih, cuman ini musiknya memang agak aneh sih, lebih kepada musik apresiasi," ujar Tohpati di TIM, Jakarta, Jumat (9/11), seperti dikutip antara, Sabtu (10/11/2018).

Tampil selama kurang lebih 45 menit, Tohpati Ethnomission membawakan sejumlah lagu karyanya seperti "Janger," "Reog," "Pangkur," dan "Tanah Emas." Tidak hanya itu, Tohpati Ethnomission juga membawakan lagu "Rayuan Pulau Kelapa" karya komponis besar Indonesia Ismail Marzuki yang namanya dijadikan pusat kesenian tersebut.

Selain karena menyukai lagu tersebut, Tohpati mengatakan bahwa lagu tersebut dipilih karena bertema kebangsaan. Penampilan Tohpati Ethnomission sejalan dengan tema perayaan ulang tahun TIM "Seni Bersama, Bersama Seni" yang diangkat tahun ini.

"'Seni Bersama, Bersama Seni' di sini kita tampilkan lintas genre, lintas generasi, ada musik tradisi, seni tradisi, untuk modern ada Tohpati," ujar Humas TIM, Eko Wahyu Wibowo.

Kolaborasi seni, menurut Eko, perlu dilakukan mengingat TIM bukan lagi satu-satunya tempat untuk berkesenian. "Dulu, seni itu terpusat. Zaman Orba semua diatur oleh pemerintah, setelah reformasi terbuka, orang bebas berekspresi, maka banyak muncul lembaga seni. Kalau dulu TIM satu-satunya, tapi semenjak '98 muncul banyak. Untuk itu, perlu dibangun sebuah kolaborasi," kata Eko.

Tohpati juga berharap bahwa TIM dapat menjadi wadah bagi para seniman untuk berkolaborasi. "Bisa mendukung musik-musik yang baru, enggak hanya orang-orang terkenal, tapi seniman-seniman baru yang berbakat, apalagi juga seniman-seniman yang mengangkat tradisional yang bisa digabungkan dengan musik modern," ujar Tohpati.

Inilah koran / gin

Tidak Ada Komentar.


Tinggalkan Komentar


Berita Lainnya

  • Jumat, 16 November 2018 | 16:31 WIB

    Tularkan Kebiasaan Makan Sayur ke Anak

  • Kamis, 15 November 2018 | 10:58 WIB

    Bermain Mampu Meningkatkan Emosional Anak