Pemprov Jabar Salurkan Dua Juta Bibit Kopi Bersertifikat

Pemprov Jabar Salurkan Dua Juta Bibit Kopi Bersertifikat

Senin, 10 Desember 2018 | 15:43 WIB
. Humas Pemprov Jabar
INILAH, Bandung - Pemprov Jawa Barat membagikan dua juta bibit kopi untuk masyarakat dan petani. Bibit kopi terbaik yang sudah bersertifikasi tersebut akan diserahkan bertahap ke 12 kabupaten di Jabar.

Sekretaris Daerah (Sekda) Jawa Barat Iwa Karniwa mengatakan, hal tersebut sebagai upaya meningkatkan produktivitas dan kualitas dari kopi Jawa Barat. Terlebih, selaras dengan program Kementrian Pertanian.

"Mudah-mudahan apa yang kita lakukan dari dua juta benih kopi ini bisa dioptimalkan ditanami oleh masyarakat dan masyarakat mendapatkan manfaat," ujar Iwa pada Acara Puncak Hari Perkebunan ke-61 di Gedung Sate, Jalan Diponegoro, Kota Bandung, Senin (10/12/2018). 

Pada kesempatan itu, dia menyerahkan secara simbolis kepada tiga perwakilan kelompok tani. Selanjutnya, akan diserahkan sesuai dengan permintaan masyarakat yang akan ditangani oleh Dinas Perkebunan Provinsi Jabar.

"Pelaksanaannya itu sesuai dengan permohonan dari masing masing masyarakat yang memang membutuhkan, punya lahan," katanya.

Sebelumnya, lanjut Iwa, pada periode Gubernur Jabar Ahmad Heryawan, pihaknya pun sempat membagikan benih kopi kepada kelompok tani. Saat itu ada empat juta benih kopi yang diserahkan dan hingga kini sedang dievaluasi oleh Dinas Perkebunan.

"Saya sampaikan kepada dinas perkebunan untuk mengevaluasi terhadap kegiatan pemberian benih kopi ini. Seperti apa dan bagaimana perkembangannya di lapangan," katanya.

Namun lanjut Iwa, bisa jadi benih kopi yang sebelumnya disalurkan kepada masyarakat diJabar lebih dari empat juta. Sebab program ini pun digaungkan pula oleh Kementerian Pertanian. 

"Mungkin dari dinas perkebunan ada tambahan. Karena kopi ini bukan hanya pemerintah provinsi tapi juga dari kementerian pertanian," pungkasnya. 

Rianto Nurdiansyah / gin

Tidak Ada Komentar.


Tinggalkan Komentar


Berita Lainnya

  • Selasa, 26 Maret 2019 | 19:45 WIB

    Kadisdik Jabar: Korupsi seperti Kanker

  • Selasa, 26 Maret 2019 | 15:45 WIB

    KNPI Jabar Dorong Ridwan Kamil Nyapres di 2024

  • Senin, 25 Maret 2019 | 15:45 WIB

    Hore, Tol Cisumdawu bisa Dipakai Mudik Lebaran