Suap Proyek Meikarta

Setelah Aher, Giliran Soni Sumarsono Diperiksa KPK

Setelah Aher, Giliran Soni Sumarsono Diperiksa KPK

Kamis, 10 Januari 2019 | 11:55 WIB
INILAH, Jakarta – Sehari setelah meminta kesaksian mantan Gubernur Jawa Barat, Ahmad Heryawan, penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) kini memeriksa Dirjen Otonomi Daerah Kementerian Dalam Negeri, Soni Sumarsono. Dia diperiksa sebagai saksi dalam penyidikan kasus suap pengurusan izin proyek Meikarta di Kabupaten Bekasi, Jawa Barat.

Soni, sebagaimana juga Aher, semula dijadwalkan diperiksa pada Senin (7/1) lalu. Tapi, keduanya tak datang. Soni meminta jadwal pemeriksaan diundur, sementara Aher karena salah komunikasi. Aher, Rabu (9/1) mendatangi langsung KPK untuk memberi keterangan.

Soni mengaku akan diperiksa untuk Bupati Bekasi nonaktif Neneng Hassanah Yasin dan kawan-kawan.

“Untuk Bupati Bekasi Bu Neneng dan kawan-kawan itu. Saya rasa sebagai fungsi dari Dirjen Otonomi Daerah. Itu kan pembina kepala daerah, Bu Neneng kan kepala daerah. Saya kira itu saja,” kata Soni saat tiba di Gedung KPK, Jakarta, Kamis (10/1/2019).

“Ya, seharusnya tanggal 7, kemarin ada acara keluarga jadi saya minta tanggal 10,” ujar Soni.

KPK total telah menetapkan sembilan tersangka dalam kasus itu, yaitu mantan petinggi Lippo Billy Sindoro (BS), konsultan Lippo Group masing-masing Taryudi (T) dan Fitra Djaja Purnama (FDP), pegawai Lippo Group Henry Jasmen (HJ), Kepala Dinas PUPR Kabupaten Bekasi Jamaludin (J), dan Kepala Dinas Pemadam Kebakaran Pemkab Bekasi Sahat MBJ Nahor (SMN).

Selanjutnya, Kepala Dinas Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kabupaten Bekasi Dewi Tisnawati (DT), Bupati Bekasi nonaktif Neneng Hassanah Yasin (NHY), dan Kepala Bidang Tata Ruang Dinas PUPR Kabupaten Bekasi Neneng Rahmi (NR).

Terdapat empat orang yang saat ini menjadi terdakwa dan dalam proses persidangan di Pengadilan Tipikor Bandung, yakni Billy Sindoro, Taryudi, Fitradjaja Purnama, dan Henry Jasmen Sitohang. (*)

Antara / ing

Tidak Ada Komentar.


Tinggalkan Komentar


Berita Lainnya

  • Sabtu, 23 Maret 2019 | 21:30 WIB

    Duh, Kabupaten Sukabumi Kekurangan 12 Ribu Guru

  • Sabtu, 23 Maret 2019 | 20:30 WIB

    Guru dan Disdik Didorong Kerja Lebih Giat

  • Sabtu, 23 Maret 2019 | 17:30 WIB

    Sip, Jalur Utama Cianjur Selatan Sudah Bisa Dilalui

  • Sabtu, 23 Maret 2019 | 05:00 WIB

    KPU Garut Tetapkan 158 Lokasi Kampanye Terbuka