Emil Bangga Miliki Pengelolaan Air Berteknologi Canggih

Emil Bangga Miliki Pengelolaan Air Berteknologi Canggih

Kamis, 10 Januari 2019 | 17:31 WIB
. istimewa
INILAH,Bandung- Gubernur Jawa Barat Rdiwan Kamil meresmikan Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) Regional Bandung Raya Wilayah Selatan Tahap I, di Desa Sukamaju, Kecamatan Cimaung, Kabupaten Bandung, Kamis (10/1).


SPAM ini dikelola Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) PT Tirta Gemah Ripah, yang siap beroperasional Februari 2019. Nantinya air yang dikelola akan dibeli oleh dua PDAM yakni PDAM Tirta Raharja Kabupaten Bandung dan PDAM Tirta Wening.

Ridwan Kamil mengaku bangga Pemprov Jabar punya fasilitas pengelolaan air berteknologi canggih dengan daya jangkau yang luas.

“Pengelolaan airnya tidak seperti dulu yang outdoor, sekarang full indoor, full computer, full otomatis. Pemipaannya pun menggunakan sistem drilling horizontal sehingga tidak perlu membongkar jalan," kata Ridwan usai peresmian.

Menurutnya, SPAM ini akan memberikan tingkat layanan air minum yang lebih banyak dan lebih maksimal di wilayah selatan Bandung Raya, baik Kota maupun Kabupaten Bandung.

Pria yang akrab disapa Kang Emil ini juga menyebut, SPAM Tirta Gemah Ripah ini berkapasitas 700 liter perdetik. Namun karena supply air bakunya belum memadai, maka baru bisa menghasilkan 350 liter perdetik.

“Nanti pada pembangunan tahap dua akan ditambah air bakunya untuk bisa memenuhi kapasitas ,sehinga Bandung Raya wilayah timur bisa terpenuhi,” ujarnya.


Kang Emil melanjutkan, rencananya juga akan dibangun tahap kedua pada tahun depan dan di lokasi-lokasi lainnya seperti di Jatigede yang akan mengairi air bersih untuk Ciayumajakuning (Cirebon, Indramayu, Majalengka, Kuningan), hingga Jakarta.

“Insya Allah, dalam lima tahun tingkat akses air bersih melalui SPAM seperti ini akan maksimal dan rakyat Jawa Barat akan lebih baik, lebih sehat dan sumber air lebih memadai,” katanya.

Di tempat yang sama , Bupati Bandung Dadang M Naser mengucapkan terimakasih kepada Pemprov Jabar yang menempatkan SPAM Bandung Raya di Kecamatan Cimaung.

“SPAM ini akan membuat air baku berkualitas tinggi yang melayani masyarakat di dua daerah. Jadi nanti kami melalui PDAM Tirta Raharja Kabupaten Bandung yang akan membeli air bersih ini untuk kemudian disalurkan kepada masyarakat khususnya para pelanggan, sehingga kebutuhan air bersih ini akan bisa lebih terpenuhi,” kata Dadang.

Dani Rahmat N. / jek

Tidak Ada Komentar.


Tinggalkan Komentar


Berita Lainnya

  • Selasa, 26 Maret 2019 | 19:45 WIB

    Kadisdik Jabar: Korupsi seperti Kanker

  • Selasa, 26 Maret 2019 | 15:45 WIB

    KNPI Jabar Dorong Ridwan Kamil Nyapres di 2024

  • Senin, 25 Maret 2019 | 15:45 WIB

    Hore, Tol Cisumdawu bisa Dipakai Mudik Lebaran