Rp14 M, Anggaran Pemkot Urus Taman di Bandung

Rp14 M, Anggaran Pemkot Urus Taman di Bandung

Jumat, 18 Januari 2019 | 16:45 WIB - Oleh:
Ilustrasi. ANTARAFOTO
INILAH, Bandung - Banyaknya taman di Kota Bandung membuat Pemerintah Kota (Pemkot) menggelontorkan anggaran cukup besar setiap tahunnya. 

Pada 2019 ini, Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman, Pertanahan dan Pertamanan (DPKP3) Kota Bandung ‎menganggarkan Rp14 Miliar.

Kepala DPKP3 Kota Bandung, Dadang Dharmawan mengatakan ‎dari total anggaran tersebut Rp4 miliar diantaranya dialokasikan untuk penataan tawan RW. 
Tahun 2019, sudah didata sebanyak 20 taman RW yang didanai dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD).

"Pertama untuk kegiatan penataan taman anggaran kita Rp. 4,13 miliar. Untuk penataan taman kita kan bangun 20 taman RW," kata Dadang saat dihubungi wartawan, Jumat (18/1).

Sebanyak 20 taman RW yang akan mendapat bantuan penataan tersebut yakni di Kelurahan Cipadung Kidul, Antapani Tengah, Hegarmanah, Sukabunga, Neglasari, Manjahlega, Derwati, Gegerkalong, Arjuna, Sukawarna, Cisaranten Kidul, Antapani Kulon, Sekejati, Mengger, Margahayu Utara, Sukaraja, Jatihandap, Pasirwangi, dan Kelurahan Cibaduyut Wetan.

"Besarannya tidak sama, rupa-rupa ada dari Rp. 100-200 juta, ini yang lainnya bukan baru," cetusnya.

Menurut Dadang, terhitung sejak 2013 lalu hingga sekarang ini sudah dilakukan penataan di 207 taman RW, dari 1.500-an RW yang terdapat di Kota Bandung.

Lebih lanjut Dadang menuturkan anggaran sebesar Rp. 10 miliar lagi yakni diperuntukkan untuk pemeliharaan taman tematik. Didalamnya termasuk biaya operasional dan upah bagi 318 Pekerja Harian Lepas (Phl) yang selama ini mengurusi taman se-Kota Bandung.

"Yang Rp.10 miliar pemeliharaan taman, 29 taman tematik dan taman lainnya. Pemeliharaan taman juga dialokasikan phl 318 orang,

Dadang mengungkapkan dari anggaran tersebut juga di 2019 ini akan dilakukan revitalisasi terhadap 3 taman, yakni Taman Tunza Baksil, Taman Tongkeng dan Taman Musik. ‎Selain memperbaiki sejumlah kerusakan, di tiga taman itu juga akan dilakukan penambahan fasilitas toilet dan tempat beribadah.

"Jadi penataan ada revalitalisasi, Taman Tongkeng, Taman Musik, Tunza‎ Baksil. Kan sudah banyak yang sudah diperbaiki, ada ornamen patung harus dicat ulang. Selain toilet juga ada mushola, untuk melanjutkan Bandung Juara dan Agamis, dan juga ditambah ramah disabilitas," pungkasnya. 

/ bsf

Tidak Ada Komentar.


Tinggalkan Komentar


Berita Lainnya

  • Jumat, 15 Februari 2019 | 15:50 WIB

    Keluarga Berharap Jenazah Nuryanto Segera Dipulangkan

  • Jumat, 15 Februari 2019 | 13:30 WIB

    Perpanjang TPSA Sarimukti Tekan Biaya Pengelolaan Sampah

  • Jumat, 15 Februari 2019 | 05:55 WIB

    Dorrr... Pencuri Mobil di Cikawao Tewas Ditembak