DPRD Kabupaten Bandung Ajak Partisipasi Warga lewat Musrenbang

DPRD Kabupaten Bandung Ajak Partisipasi Warga lewat Musrenbang

Senin, 11 Februari 2019 | 14:25 WIB
Ilustrasi. Istimewa

INILAH, Soreang - Dewan Perwakilan rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Bandung menggelar Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) tingkat kecamatan di Kecamatan Pangalengan, Kamis (7/2).

Ketua DPRD Kabupaten Bandung Ir H Anang Susanto, MSi memberikan sambutan kepada para peserta tamu undangan yang hadir pada kegiatan musrenbang yang dilaksanakan di Gedung Serbaguna Desa Margamulya.

Dalam sambutannya Anang memaparkan bahwa perencanaan pembangunan merupakan salah satu unsur penting dari penyelenggaraan pemerintahan yang harus betul betul mendapatkan perhatian, karena keberhasilan satu tujuan bergantung pada baik tidaknya perencanaan yang dibuat.

Bahkan, ada pendapat yang menyatakan bahwa perencanaan merupakan setengahnya dari keberhasilan satu tujuan, dalam rangka melaksanakan roda pemerintahan dan pembangunan.

Anang melanjutkan, pihaknya mengajak kepada seluruh instrumen untuk melakukan perencanaan yang matang. Salah satunya dengan adanya musrenbang kecamatan yang digelar ini.

Hal ini merupakan bentuk dari perwujudan dari pendekatan partisipatif melalui forum musyawarah yang memprioritaskan pembangunan di wilayah kecamatan.

“Kita harus membuat perencanaan yang matang sehingga sasaran yang diharapkan dapat tercapai dengan baik, musrenbang kecamatan adalah perwujudan dari pendekatan partisipatif melalui forum musyawarah antarpara pemangku kepentingan.

Dalam forum tersebut menjadi wadah untuk membahas dan menyepakati langkah-langkah penanganan program kegiatan prioritas daerah yang tercantum dalam daftar usulan rencana kegiatan pembangunan desa/kelurahan yang diintegrasikan dengan prioritas pembangunan daerah di wilayah kecamatan.

Sebagaimana diamanatkan dalam UU Nomor 25 Tahun 2004 tentang Sistem Perencanaan Pembangunan Nasional, bahwa Pemerintah Daerah wajib menyusun Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) yang berfungsi sebagai dokumen perencanaan daerah untuk periode 1 (satu) tahun.

Seiring dengan adanya perubahan paradigma penyelenggaraan pemerintahan termasuk perencanaan Kabupaten Bandung Tahun 2016-2021, perlu adanya penguatan struktur dokumen RPJMD sebagai pedoman dalam pelaksanaan pembangunan lima tahunan.

Hal ini diharapkan dapat mempercepat proses penyelenggaraan pembangunan khususnya dalam mencapai Visi Kabupaten Bandung yang Maju, Mandiri, dan Berdaya Saing dan terwujudnya pencapaian 5 (lima) Misi.

Yaitu, Misi yang telah ditetapkan melalui semangat Sabilulungan: Sareundeuk - Saigel - Sabobot - Sapihanean, Rempug Jukung Sauyunan - Rampak Gawe Babarengan; akan tetap menjadi ruh penyemangat dalam pembangunan Kabupaten Bandung ke depan.

Inilah koran / sur

Tidak Ada Komentar.


Tinggalkan Komentar


Berita Lainnya