Kembangkan MICE, Disparbud Jabar Bidik Empat Daerah

Kembangkan MICE, Disparbud Jabar Bidik Empat Daerah

Kamis, 7 Maret 2019 | 15:57 WIB
INILAH, Bandung-Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) akan mengembangkan Meeting, Incentive, Convention, and Exhibition (MICE). Mengingat belum adanya ruang yang betul-betul respresentatif di Jabar ini sebagai ruang Pertemuan, Insentif, Konvensi dan Pameran tersebut.

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Jawa Barat, Dedi Taufiq didampingi Plt Kepala Bidang (Kabid) Destinasi Wisata Romlah menyampaikan, pihaknya membidik empat daerah untuk dijadikan MICE ini. Yaitu, Kota atau Kabupaten Cirebon, Kota atau Kabupaten Bandung, Kota atau Kabupaten Bogor dan Pangandaran. 

"Mungkin tahun ini ada satu yang akan kita bikin studinya dulu, mana yang bisa dikembangkan sampai bisa dibangun," ujar Dedi belum lama ini.

Sejauh ini, dia sampaikan, Kota Bandung  memang menjadi tempat untuk menggelar pertemuan yang cocok. Meski begitu, terbatas dan belum bisa yang menampung ribuan orang.

"Karena itu, MICE ini menjadi salah satu fokus yang akan dikejar oleh kita Provinsi Jabar," katanya.

Untuk mengembangkan MICE ini, menurut dia, ada beberapa aspek yang sangat harus diperhatikan. Terutama terkait dengan aksesbilitas menuju lokasi pun wajib diperhitungkan.

"Karena ada standarnya tempat MICE itu, dari bandara tidak boleh lebih dari 30 menit," katanya.

Dengan begitu, pihaknya akan melakukan studi terkait lokasi yang untuk dijadikan MICE ini. Lanjut dia, bisa jadi di Kabupaten Cirebon dengan adanya Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati dan Tol Cikopo-Palimana (Cipali).

"Kawasan bisa di Kabupten paling mungkin digunakan, dengan sekaramg adanya bandara dan tol," katanya.

Lebih lanjut, pihaknya pun telah menetapkan lima destinasi provinsi, yaitu kawasan sekitar Cirebon, sekitar Pangandaran, sekitar Bandung, sekitar Bekasi dan sekitar Bogor. Lima destinasi ini, kata dia, harus tumbuh dengan konsep masing-masing. Misalnya saja, untuk daerah Bogor dapat dikembangkan dengan adanya Geopark Ciletuh, Pantai Pelabuhan Ratu dan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Cikidang. 

"Kalau Bandung, bagaimana kita bisa mendistribusikan supaya wisatawan dari Bandung ini bisa menuju daerah atau lokasi-lokasi pariwisata yang dekat. Misalnya bisa ke Garut, Sumedang atau Cianjur," pungkasnya.

Rianto Nurdiansyah / jek

Tidak Ada Komentar.


Tinggalkan Komentar


Berita Lainnya

  • Selasa, 19 Maret 2019 | 22:30 WIB

    Nelayan Sukabumi Dikenalkan Alat Penangkap Ikan Modern

  • Selasa, 19 Maret 2019 | 16:00 WIB

    Mendag: Pemerintah Dampingi Konsumen Peroleh Haknya

  • Senin, 18 Maret 2019 | 17:55 WIB

    Emil Jelaskan Alasan Adiknya Masuk TAP Jabar