BJB Gandeng Indomaret untuk Pembayaran PBB-P2 Batam

BJB Gandeng Indomaret untuk Pembayaran PBB-P2 Batam

Selasa, 12 Maret 2019 | 21:00 WIB
INILAH, Batam - BJB melebarkan sayap bisnisnya. Kini, dengan menggandeng perusahaan jaringan ritel waralaba Indomaret membuka layanan baru untuk warga Kota Batam yang hendak membayar Pajak Bumi dan Bangunan Pedesaan dan Perkotaan (PBB-P2).

“Mulai sekarang, warga Batam bisa membayar PBB di gerai indomaret. Warga yang punya properti di luar daerah juga bisa bayar di Indomaret, karena program ini sudah dikembangkan di beberapa daerah,” kata Branch Manager BJB Batam Asep Wahyu Ismail dikutip Antara, Selasa (12/3/2019).

Dia menjelaskan, program serupa sudah dijalankan di 14 kabupaten/kota. Meski sejauh ini daerah itu sebagian besar berlokasi di Jawa Barat. Yakni, Bandung, Bekasi, Cirebon, Garut, Karawang, Majalengka, Purwakarta, Serang, Subang, Sumedang, dan Tangerang.

“Untuk pembayaran PBB-P2 di Indomaret, kita batasi untuk nilai maksimal sampai Rp5 juta. Di atas Rp5 juta bisa ke bank,” ucapnya.

Pembayaran yang jumlahnya melebihi Rp5 juta itu bisa dibayarkab langsung ke Kantor BJB. Antara lain di Batam Centre, kantor kas di Tiban, kantor cabang pembantu Tanjungpinang, payment point di Mal Pelayanan Publik, dan mobil kas keliling yang akan ikut dalam Bulan Panutan PBB-P2 ke kecamatan-kecamatan.

Development Manager Indomaret Batam Lawrence Sagala menyebutkan, dengan kerja sama antarpihak ini maka pembayaran PBB bisa dilakukan di seluruh gerai Indomaret.

“Masyarakat Batam bisa bayar PBB-P2 di seluruh gerai Indomaret di Batam maupun luar Batam. Di Batam saja jumlahnya ada sekitar 100-an,” kata Lawrence seraya menyebutkan pembayaran PBB-P2 di gerai Indomaret bisa dilakukan kapan saja setiap hari.

Dijelaskannya, cara pembayaran pun cukup mudah. Wajib pajak hanya perlu datang ke Indomaret dengan membawa Surat Pemberitahuan Pajak Terhutang (SPPT) PBB-P2. Kemudian, tunjukkan nomor objek pajaknya pada kasir dan bayar sesuai jumlah tertera.

Pembayaran PBB-P2 melalui Indomaret juga berlaku untuk objek pajak di luar Batam. Penduduk Batam yang sebagian besar warga pendatang juga bisa melakukan pembayaran PBB-P2 untuk properti yang ada di luar daerah.

Sementara itu, Kepala Badan Pengelola Pajak dan Retribusi Daerah (BPPRD) Kota Batam Raja Azmansyah mengatakan pihaknya menyambut baik kemudahan layanan yang disiapkan mitra perbankan.

“Kami mendukung mitra yang buka peluang, inovasi, sehingga mudahkan masyarakat membayar pajak. Tak hanya PBB, tapi juga pajak lainnya.Kemudahan itu diharapkan bisa meningkatkan kesadaran masyarakat membayar pajak,” tuturnya.

Antara / dnr

Tidak Ada Komentar.


Tinggalkan Komentar


Berita Lainnya

  • Rabu, 20 Maret 2019 | 22:45 WIB

    Kebijakan Bank BJB, Pemprov Minta Libatkan Kabupaten/Kota

  • Rabu, 20 Maret 2019 | 20:30 WIB

    JNE Sesuaikan Tarif 19 Persen

  • Rabu, 20 Maret 2019 | 20:15 WIB

    Dorong Pertumbuhan Industri Teknologi Kreatif Jabar

  • Rabu, 20 Maret 2019 | 20:05 WIB

    BIJB Kertajati Siap Menjadi Bandara Kargo e-Commerce

  • Rabu, 20 Maret 2019 | 16:10 WIB

    Gojek Hadirkan Aplikasi Keamanan Transportasi