Musrenbang Kabupaten Tasikmalaya Menetapkan RKPD ke Depan

Musrenbang Kabupaten Tasikmalaya Menetapkan RKPD ke Depan

Kamis, 14 Maret 2019 | 18:05 WIB
Ilustrasi. Istimewa

INILAH, Tasikmalaya - Pemerintah Daerah Kabupaten Tasikmalaya menyelenggarakan Musyawarah Perencanaan Pembangunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (Musrenbang RKPD) Kabupaten Tasikmalaya Tahun 2020 di Islamic Center Kabupaten Tasikmalaya, Selasa (12/3/2019).


Hadir pada kesempatan tersebut Forum Koordinasi Pimpinan Daerah, Asisten Administrasi Sekretariat Daerah Provinsi Jawa Barat Dr H Dudi Sudrajat Abdurachim MT, para Asisten, Staf Ahli Bupati, Kepala SKPD, Camat di Lingkungan Pemerintah Daerah Kabupaten Tasikmalaya, dan para undangan perwakilan kabupaten/kota yang berbatasan dengan Kabupaten Tasikmalaya.


Bupati Tasikmalaya H Ade Sugianto dalam sambutan tertulis yang dibacakan Asisten Perekonomian dan Pembangunan Sekretariat Daerah Kabupaten Tasikmalaya H Kundang Sodikin mengatakan, MUSRENBANG RKPD Tahun 2020 ini dilaksanakan dalam rangka melaksanakan amanat Pasal 22 dan 23 Undang-Undang No 25/2004 tentang Sistem Perencanaan Pembangunan Nasional.

Yang menyatakan, bahwa Kepala Bappeda Menyelenggarakan MUSRENBANG Penyusunan RKPD dan dilaksanakan paling lambat pada bulan maret. Sejalan dengan hal tersebut Pasal 65 ayat (1) huruf C Undang-Undang Nomor 23 tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah Menyatakan Bahwa Salah Satu Tugas Kepala Daerah adalah Menyusun Dan Menetapkan RKPD.

”Forum Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) merupakan wadah penampungan dan penjaringan aspirasi masyarakat, dan dunia usaha (pemangku kepentingan), untuk penyempurnaan rancangan kebijakan pembangunan tahun 2020 yang disusun ke dalam dokumen Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Tahun 2020, yang berfungsi sebagai dokumen perencanaan tahunan,” ujar Bupati.

Musrenbang tahun 2019 dilaksanakan untuk menyusun Rencana Kerja Pembangunan Daerah (RKPD) tahun 2020 yang merupakan tahun keempat dari RPJMD Kabupaten Tasikmalaya tahun 2016-2021, dan merupakan Musrenbang pertama yang secara langsung dipimpin Bupati Ade Sugianto.

Hasil evaluasi menunjukkan bahwa di usia Kabupaten Tasikmalaya yang ke-386 masih menghadapi permasalahan-permasalahan pembangunan yang diformulasikan menjadi isu strategis.

“Sampai usia Kabupaten Tasikmalaya yang ke-386 masih dihadapkan dengan beberapa permasalahan, antara lain Penanggulangan Kemiskinan, Penataan Ibu Kota Kabupaten Tasikmalaya, Aksesibilitas dan Mutu Pelayanan Dasar, Ketahanan Pangan, Penanggulangan Bencana, Reformasi Birokrasi, Pengembangan Destinasi Wisata, Peningkatan Daya Saing Produk Pertanian, dan Pengarusutamaan Gender dan Perlindungan Anak,” kata Bupati.

Dengan semua permasalahan tersebut, Pemerintah Daerah Kabupaten Tasikmalaya melakukan langkah-langkah perbaikan yang dianggap dapat segera dilakukan dengan sumber daya yang ada.

Bupati Tasikmalaya menekankan beberapa hal antara lain mengenai pokok-pokok pikiran DPRD Kabupaten Tasikmalaya, sesuai dengan  Permendagri 86/2017, bahwasannya pokok-pokok pikiran DPRD secara tertulis disampaikan kepada Pemerintah Daerah melalui Bappeda, paling lambat 1 minggu sebelum pelaksanaan Musrenbang RKPD.

Selanjutnya Kepada Pemerintah  Daerah Provinsi Jawa Barat, Bupati Tasikmalaya mengucapkan terima kasih atas bantuan keuangan kepada Pemerintah Daerah Kabupaten Tasikmalaya, dan  semoga bantuan keuangan Provinsi tahun mendatang  dapat lebih disinergiskan dengan prioritas pembangunan daerah.

Termasuk, dengan apa yang telah saya sampaikan di depan Gubernur Jawa Barat pada acara Koordinasi Penyelenggaraan Pemerintah Daerah (KOPDAR), sesuai dengan peraturan perundangan-undangan, sehingga lebih selaras dengan kebutuhan dan kebijakan prioritas pembangunan daerah.

Toriza / sur

Tidak Ada Komentar.


Tinggalkan Komentar


Berita Lainnya

  • Senin, 18 Maret 2019 | 13:50 WIB

    PLTGU Jawa 1 Cilamaya Akan Rekrut 4.800 Naker Lokal

  • Senin, 18 Maret 2019 | 10:15 WIB

    Akses ke TPA Rusak, Truk Sampah Antre 4 Jam

  • Minggu, 17 Maret 2019 | 20:30 WIB

    24 Maret, Puncak Gelaran MRSF

  • Minggu, 17 Maret 2019 | 14:25 WIB

    Empat Korban Helikopter Jatuh di Tasikmalaya Membaik

  • Minggu, 17 Maret 2019 | 14:20 WIB

    Aplikasi Pengaduan Masyarakat Karawang Perlu Perbaikan