Deklrarasi Damai Pemilu 2019 di Purwakarta Sepi Peserta

Deklrarasi Damai Pemilu 2019 di Purwakarta Sepi Peserta

Jumat, 15 Maret 2019 | 18:55 WIB
Deklarasi damai Pemilu 2019 di Purwakarta sepi peserta. INILAH/Asep Mulyana
INILAH, Purwakarta - Unsur musyawarah pimpinan daerah (Muspida) di Kabupaten Purwakarta, menggagas kegiatan deklarasi damai Pemilu 2019, Jumat (15/3/2019) di Bale Sawala Yudhistira.

Seluruh calon legislatif (Caleg) yang maju dalam pesta demokrasi lima tahunan itu, turut diundang dalam kegiatan tersebut. Namun sayang, dalam kegiatan itu pesertanya sangat minim. 

Sebagian besar caleg, kabarnya tak datang untuk memenuhi undangan tersebut. Sangat di sayangkan memang, padahal terciptanya Pemilu 2019 damai menjadi sebuah impian seluruh unsur masyarakat. Terlebih Bawaslu dan KPU sebagai pihak penyelenggara pemilu. 

Ketua DPC PDIP Kabupaten Purwakarta, Acep maman yang hadir dalam kegiatan itu membenarkan, bahwa banyak caleg yang tidak datang ke acara deklarasi tersebut. Yang hadir kata dia, mungkin hanya 50 persennya saja. 

"Positif thinking saja. Mungkin, banyak caleg yang punya kepentingan lainnya. Misalnya, untuk kampanye atau sudah janjian dengan para konstituennya," ujar Acep kepada wartawan. 

Dia berpendapat, ketidakhadiran para caleg dalam kegiatan tersebut bukan berarti parpolnya tidak mendukung deklarasi damai dan poin-poin yang dideklarasikan. 

Hanya saja, sebagian dari mereka beranggapan mungkin ketimbang duduk-duduk di acara seperti ini lebih baik memanfaatkan waktu buat kampanye dan bertemu masyarakat.

Kalaupun caleg dari PDIP, pihaknya mengklaim, yang datang ke deklarasi ini cukup banyak. Dari 45 caleg DPRD Purwakarta, sekitar 90 persen hadir. Kalau caleg dari partai lainnya, pihaknya tidak mengetahui. Namun yang jelas, sudah ada unsur keterwakilannya.

Sementara itu, Ketua KPU Kabupaten Purwakarta, Ahmad Ikhsan Faturrahman, membantah jika tingkat kehadiran caleg dalam deklarasi damai ini minim. Karena, berdasarkan data absensi, kehadiran para caleg ini mencapai 80 persen.

"Memang sih terlihat sedikit. Tapi kami pastikan, kehadirannya sudah bagus, atau 80 persen dari 610 caleg yang ada hadir dalam acara ini," ujarnya.

Adapun caleg yang tidak hadir, pihaknya berpikiran positif saja. Sepertinya, mereka banyak kepentingan atau kesibukan lainnya. Namun yang jelas, pesan dari acara ini bisa disampaikan ke masyarakat. 

Asep Mulyana / bsf

Tidak Ada Komentar.


Tinggalkan Komentar


Berita Lainnya

  • Kamis, 21 Maret 2019 | 10:15 WIB

    Jembatan Bambu Cialamo Rawan Kecelakaan, Kades Cuek

  • Rabu, 20 Maret 2019 | 15:15 WIB

    Jamaah First Travel Kecewa, Sidang Gugatan Ditunda

  • Rabu, 20 Maret 2019 | 12:36 WIB

    Keren, Purwakarta Punya Sekolah Bertema Kesundaan

  • Rabu, 20 Maret 2019 | 03:00 WIB

    Polres Garut Tangkap Perampas Mobil Kredit

  • Selasa, 19 Maret 2019 | 19:49 WIB

    Dorong UMKM, PWI Jabar Gelar Seminar Ekonomi Digital