Legislator Terus Dorong Generasi Berencana Berkualitas

Legislator Terus Dorong Generasi Berencana Berkualitas
INILAH, Bandung- Anggota Komisi IX DPR RI Putih Sari terus mendorong program Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) yakni pembangunan keluarga melalui generasi berencana (Genre) Ceria yang berkualitas.
 
"Dengan program genre sasarannya para remaja muda yang akan berkeluarga atau menikah. Jumlah remaja di Indonesia begitu banyak ada sekitar 30 persen sehingga harus diberikan pemahaman terkait dengan tantangan-tantangan yang dihadapi remaja saat ini," tutur Putih di Desa Lemah Makmur, Kecamatan Tempuran, Kabupaten Karawang, Jumat (15/3) kemarin.
 
Dia menuturkan, remaja harus bisa merencanakan saat akan menikah dan berkeluarga dengan bekal cukup sehingga bisa menciptakan kesejahteraan. Putih juga menitipkan pesan kepada orang tua agar menikahkan anaknya ketika sudah menyelesaikan jenjang pendidikan yang layak.
 
"Atau lebih bagus ketika anak mereka sudah bekerja, karena menikah dan membangun keluarga itu memerlukan persiapan yang matang segala sesuatunya," ucapnya.
 
Ditempat yang sama Sekretaris BKKBN Provinsi Jabar, Rahmat Mulkan menuturkan sosialisasi generasi berencana kepada masyarakat terutama di jawa barat ini masih ada anak berumur dibawah kategori remaja yang seharusnya mengenyam pendidikan.
 
"Ini malah sudah naik pada jenjang pernikahan, meskipun dalam undang undang pernikahan ada aturan mengenai pernikahan berusian 16 tahun tidak dilarang, namun umur tersebut masih tetap berusia remaja dan dinilai belum matang untuk membangun biduk rumah tangga," paparnya.
 
Dia menyatakan, orang tua seharusnya memiliki program agar anak tidak sampai menikah di usia dini. "Karena perkawinan bukan permainan. diusahakan harus seumur hidup sehidup semati" ucapnya.
 
Rahmat menambahkan, menikah bagi perempuan itu di usia 21 tahun dan suami 25 tahun. "Terlebih baik bila sudah bekerja yang nantinya bisa menunjang perekonomian keluarga," tutupnya.