Perbaiki 118 Ruas Jalan, Pemkot Kucurkan Rp45 M

Perbaiki 118 Ruas Jalan, Pemkot Kucurkan Rp45 M

Minggu, 17 Maret 2019 | 22:00 WIB
Ilustrasi. Net

INILAH, Cimahi - Pemkot Cimahi gelontorkan Rp45 miliar untuk perbaikan dan pemeliharaan jalan sebanyak 118 ruas jalan kota dengan total panjang 105.193 kilometer. 

Kabid Bina Marga Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kota Cimahi, Wilman Sugiansyah mengatakan, total dana bagi perbaikan jalan itu bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Rp35 miliar dan bantuan pusat atau Dana Alokasi Khusus (DAK) Rp10 miliar.

"DAK dari pusat sebesar Rp10 miliar dan digunakan untuk perbaikan enam ruas jalan, yakni Jalan Veteran, Ciawitali, Cipageran, Cireundeu, Jalan Industri I, dan Jalan Pondok Dustira," katanya belum lama ini.

Kebutuhan untuk infrastruktur di Kota Cimahi memang sangat besar atau mencapai angka triliunan. Sehingga untuk memenuhi kebutuhan tersebut tidak bisa hanya mengandalkan dana dari APBD saja, makanya perlu suntikan dana, baik dari pusat ataupun pemprov.

Wilman menjelaskan, saat ini kemantapan jalan di Cimahi sudah mencapai di atas 90 persen. Namun, karena baru-baru ini ada cara perhitungan indeks jalan, maka pihaknya harus melakukan analisa kembali. 

Setiap tahun, pihaknya rutin menganggarkan sebesar Rp3 miliar untuk pemeliharaan. Namun karena ada pemeliharaan berkala yang dilakukan selam lima tahun sekali, maka untuk tahun ini Pemkot menganggarkan Rp35 miliar.

"Bulan depan atau April kita sudah mulai proses pelelangan sehingga untuk proses pengerjaan fisik bisa di tengah tahun," ucapnya.

Karena adanya peraturan dari PMK jika anggaran DAK terbagi tiga tahap untuk pencairannya yakni di bulan Juli, Oktober, dan Desember. Maka, pihaknya harus melakukan antisipasi agar pencairan-pencairan berikutnya tidak telat.

"Untuk itu pengerjaan fisik kita sesuaikan dengan skedul keuangan. Kita dahulukan dulu pembangunan yang anggarannya bersumber dari DAK," ujarnya.

Ahmad Sayuti / sur

Tidak Ada Komentar.


Tinggalkan Komentar


Berita Lainnya

  • Senin, 25 Maret 2019 | 19:15 WIB

    323.454 Siswa SMK Jawa Barat Ikuti UNBK 2019

  • Senin, 25 Maret 2019 | 17:45 WIB

    Hari Ini, Siswa SMK Laksanakan UNBK

  • Senin, 25 Maret 2019 | 12:00 WIB

    Jembatan Penghubung Desa di Ciwidey Ambruk