Ambulans Oncall, Purwakarta Butuh Seratusan Ambulans Lagi

Ambulans Oncall, Purwakarta Butuh Seratusan Ambulans Lagi
INILAH, Purwakarta - Pemkab Purwakarta, punya misi besar untuk terus menyelesaikan persoalan di masyarakat di wilayah ini. Terutama, dibidang pelayanan kesehatan. 
 
Adapun upaya pemkab selama ini, tak hanya menjamin soal biaya pengobatan saja, tapi juga memberi kemudahan lain supaya warganya bisa mendapat pelayanan kesehatan yang layak. 
 
Salah satunya, yakni dengan menyediakan ambulans oncall yang telah disebar ke desa-desa. Saat ini, pemerintah telah menyiapkan sekitar 66 unit ambulans yang siap melayani masyarakat.
 
Namun demikian, pihak terkait yang dalam hal ini Dinas Kesehatan setempat belum bisa bergangga hati. Menurut mereka, jumlah armada ambulans ini belum bisa dikatakan ideal. 
 
"Kalau melihat jumlahnya saat ini sih, kami rasa masih sangat minim. Idealnya, satu desa memiliki satu ambulans dan satu puskesmas memiliki dua ambulans," ujar Kabid Sumber Daya Kesehatan Dinas Kesehatan Kabupaten Purwakarta, Rudi Hartono kepada INILAH, Senin (18/3/2019).
 
Rudi menjelaskan, jumlah desa dan kelurahan di wilayahnya ada 192. Jika merujuk pada data tersebut, maka ambulans desa dan kelurahan harusnya ada 192 unit. Namun, sampai sekarang baru 66 unit dan 45 unit di antaranya yang dikelolanya oleh pihak desa.
 
"Jadi, yang sampai saat ini baru tersedia itu 66 unit. Terdiri dari 45 unit di sebar ke desa, 21 unit lainnya di puskesmas," jelas dia. 
 
Untuk ambulans yang di Puskesmas pun, sambung dia, jumlahnya dirasa masih kurang. Idealnya, kata dia, setiap puskesmas memiliki dua unit ambulans. 
 
"Menurut kami, kalau masing-masing punya dua unit dipastikan tak akan keteteran dalam melayani warga. Misalnya, yang satu dipakai untuk merujuk pasien, yang satu standby di puskesmas," seloroh dia.