Sidang Meikarta Bertabur Bintang, Aher-Demiz Jadi Saksi

Sidang Meikarta Bertabur Bintang, Aher-Demiz Jadi Saksi
INILAH, Bandung – Mantan Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan dan Wakilnya Deddy Mizwar hadir menjadi saksi di sidang suap Meikarta, dengan terdakwa Bupati Bekasi Nonaktif Neneng Hasanah Yasin, beserta pejabat Bekasi lainnya.
 
Sidang digelar di ruang utama Pengadilan Tipikor PN Bandung, Jalan RE Martadinata, Rabu (20/3/2019). Sidang dipimpin Tardi, JPU KPK menghadirkan 12 orang saksi. 
 
Selain Aher dan Demiz, nama lain yang dihadirkan sebagai saksi, yakni Dirjen Otda Kemendagri Soni Soemarsono. Sidang kesaksian dibagi dua sesi, sesi pertama mendengarkan keterangan tiga orang saksi, yakni Sony Soemarsono, Aher dan Demiz. 
 
Baik Aher, Demiz dan Soni sebelunya sempat diperiksa di Gedung KPK. Keduanya ditanya terkait rekomendasi dengan catatan sebagai dasar bagi Meikarta melanjutkan pembangunan, pascaizin IPPT dikeluarkan bupati pada 12 Mei 20017.
 
JPU KPK I Wayan Ryana pada persidangan sebelumnya di Pengadilan Tipikor PN Bandung, Jalan RE Martadinata, Rabu (6/3/2019), menyebutkan Aher dan Demiz belum pernah dihadirkan dalam persidangan sebelumnya (Billy Sindoro cs). Selain keduanya, para anggota DPRD Bekasi juga rencananya bakal dihadirkan ke persidangan.
 
"Di sidang kemarin belum dipanggil. Ini jadi sesuatu yang baru Aher dan Deddy Mizwar dan fakta DPRD Bekasi, kita hadirkan. Untuk DPRD kemungkinan yang menerima pergi ke Thailand," katanya.