Xiaomi Resmi Rilis Smartphone Gaming Black Shark 2

Xiaomi Resmi Rilis Smartphone Gaming Black Shark 2
INILAH, Bandung - Setelah rumor dan bocorannya kerap berseliweran di dunia maya, Xiaomi akhirnya resmi meluncurkan anggota keluarga smartphone gaming terbarunya, Black Shark 2, yang diperkenalkan China.
 
Mengutip Gizchina, Black Shark 2 menjadi smartphone gaming generasi ketiga yang diperkenalkan oleh Xiaomi. Sebelumnya, vendor asal China ini telah merilis Black Shark generasi pertama dan Black Shark Helo.
 
Secara keseluruhan, tampilan Black Shark 2 tidak beda jauh dengan Black Shark generasi pertama, namun, memiliki spesifikasi yang tentu lebih tinggi serta dibekali teknologi mobile terbaru.
 
Sebagai smartphone gaming, Black Shark 2 memiliki spesifikasi dan serangkaian fitur yang berfungsi untuk menjaga kinerja perangkat tetap optimal.
 
Salah satu fitur tersebut adalah adanya pendingin berbasis cairan vapor chamber cooling yang berguna mendingkan perangkat saat bermain game, khususnya Minecraft dan Fortnite.
 
Teknologi pendingin generasi ketiga ini diklaim mampu menurunkan suhu CPU sampai 14 derajat.
 
Tak hanya itu, Black Shark 2 juga dibekali dengan layar yang sensitif terhadap tekanan sehingga layar smartphone ini bisa mengenal tekanan yang berbeda-beda.
 
Fitur ini berfungsi sebagai kontrol di sisi kiri dan kanan ke layar. Dengan demikian, pengguna dapat mengontrol game melalui layar, bukan dengan menekan tombol fisik.
 
Xiaomi menyebut bahwa mereka juga telah mengoptimalkan tampilan smartphone untuk bermain game dengan meningkatkan akurasi warna, mengurangi layar berkedip pada tingkat kecerahan yang rendah, serta menurunkan latensi sentuhan menjadi 43,5 ms.
 
Layarnya pun cukup lebar untuk kenyamanan saat bermain game. Black Shark 2 mengusung layar seluas 6,39 inci dengan resolusi Full HD+ 2340 x 1080. Layar ini memiliki aspect ratio 19,5:9 dan dibuat dengan panel AMOLED.
 
Sebagai dapur pacunya, Xiaomi membekali Black Shark 2 dengan chipset tercanggih besutan Qualcomm, yaitu Snapdragon 855, yang dipadankan dengan pengolah grafis (GPU) Adreno 640.
 
Untuk bagian RAM, Black Shark 2 memiliki tiga pilihan kapasitas yakni 6GB, 8GB, dan 12GB. Sementara untuk pilihan kapasitas penyimpanannya yakni 128GB dan 256GB.
 
Black Shark 2 disokong oleh baterai sebesar 4000mAh yang telah dilengkapi fitur fast charging dengan mendukung charger 27 watt.
 
Pada sisi kamera, Black Shark 2 dibekali sebuah kamera selfie dengan sensor yang cukup besar yakni 20MP dan aperture f/2.0.
 
Sementara di bagian punggungnya, hadir kamera ganda dengan 48MP (aperture f/1.75, sensor Sony IMX586) pada kamera utama dan 12MP (aperture f/2.2, sensor Samsung S5K3M5) pada kamera sekundernya.
 
Untuk fitur keamanan, Black Shark 2 memiliki pemindai sidik jari yang disematkan di dalam layar. Sensor sidik jari ini merupakan buatan Samsung.
 
Smartphone gaming anyar ini menggunakan sistem operasi Android 9 Pie dan memiliki slot dual SIM 4G.
 
Soal harga, Xiaomi membanderol Black Shark 2 mulai dari 3.199 yuan atau sekitar Rp 6,7 juta untuk versi RAM 6GB+ROM 128GB. Sementara untuk varian RAM 8GB+ROM 128GB ditawarkan dengan harga 3.499 yuan atau sekitar Rp7,3 juta.
 
Adapun versi tertingginya dengan RAM 12GB+ROM 256GB dipasarkan dengan harga 4.199 yuan atau sekitar Rp8,9 juta.
 
Black Shark 2 akan mulai dijual di China pada 22 Maret mendatang. Handset anyar ini tampil dengan tiga pilihan warna, yaitu Shadow Black, Frozen Silver, dan Mirage Blue.(inilah.com)