Tanggul Ambruk, Warga Berharap Segera Diperbaiki

Tanggul Ambruk, Warga Berharap Segera Diperbaiki
INILAH, Bandung-Tanggul penahan sungai di Komplek Pasanggrahan Indah blok 14 no 4, Kecamatan Ujungberung, Kota Bandung ambruk, dikarenakan aliran sungai yang deras pada Rabu (20/3/2019) dinihari sekitar pukul 02.00 wib.
 
Seorang warga yang kebetulan rumahnya berdekatan dengan lokasi, Adi Susetya mengatakan ambruknya tanggul tersebut tersebut dikarenakan pondasi bawah tanggul yang terkikis aliran sungai.
 
"Aliran airnya tidak sampai meluap, cuman setengah, tapi karena deras, bagian bawahnya terkikis, akhirnya bagian atas ambruk," ucapnya saat didatangi di rumahnya, Rabu (20/3/2019).
 
Menurut Adi, konstruksi tanggul yang ambruk berbeda dengan tanggul di seberangnya, dia mengatakan pondasinya lebih kuat, berbeda dengan yang ambruk.
 
"Yang ambruk batu sama tanah, terus diatasnya ada pohon, akar pohon yang tumbuh juga jadi pengaruh ini bisa hancur sepertinya," katanya.
 
Beberapa meter dari tanggul yang ambruk di depan rumah Adi, terlihat juga tanggul lain yang sedang dalam perbaikan, disekitarnya disimpan bebatuan yang akan digunakan sebagai pondasi tanggul.
 
"Tidak hanya disini, sebelah sana juga sama kondisinya," ujarnya.
 
Dia berharap tanggul yang ambruk bisa segera diperbaiki, karena mengganggu akses jalan, dan dikhawatirkan jalan tersebut juga mengalami keretakan dan amblas.
 
"Ya semoga pihak terkait bisa segera memperbaiki ini, struktur pondasinya bisa dijadikan lebih kuat, agar tidak hancur seperti ini lagi," harapnya