Penerima PTSL 2018 di Kabupaten Bandung Belum Terima Sertifikat

Penerima PTSL 2018 di Kabupaten Bandung Belum Terima Sertifikat
INILAH, Bandung - Ratusan warga di Desa Cukanggenteng Kecamatan Pasirjambu Kabupaten Bandung,  penerima program Pendaftaran Tanah Sistemik Lengkap (PTSL) 2018 hingga saat ini tak kunjung menerima sertifikat dari Kantor Badan Pertanahan Nasional (BPN) Kabupaten Bandung. 
 
Warga mempertanyakan kapan sertifikat akan diberikan BPN Kabupaten Bandung. Kepala Desa Cukanggenteng Hilman Yusuf mengatakan, serah terima sertifikat PTSL kepada warga hingga kini belum ada kejelasan. Pemerintahan desa kerap mendapatkan pengaduan masyarakat mengenai sertifikat. 
 
Hilman menyebutkan, di Desa Cukanggenteng terdapat kurang lebih 2.000 warga yang menjadi penerima program PTSL pada 2018 lalu. Proses program tersebut berjalan sejak Januari 2018. Namun, hingga Maret 2019 proses pencetakan sertifikat belum rampung.
 
"Baru beres 500an sertifikat, alasannya sibuk. Saya juga heran kenapa harus seperti itu. Kalau memang ada program PTSL, ada penambahan pegawai. Kalau seperti ini tidak akan pernah selesai," kata Hilman, Rabu (20/3/2019).
 
Akibat tidak bisa memberikan penjelasan kepada masyarakat, Hilman khawatir masyarakat menjadi tidak percaya kepada pemerintah desa. Padahal kewenangan program PTSL sudah berada di tangan BPN Kabupaten Bandung.
 
Hilman  meminta agar BPN Kabupaten Bandung memberi kepastian kapan sertifikat akan diberikan. Menurutnya, pihak BPN Kabupaten Bandung tidak menyampaikan kapan akan menyerahkan sertifikat. Meski begitu, seharusnya program yang dilaksanakan pada 2018 selesai pada tahun tersebut.
 
"Itu yang 500 sertifikat  diberikan akhir Januari lalu. Sampai sekarang belum dibagikan lagi yang lain. Intinya kami meminta kejelasan kapan selesai agar bisa dikasih tahu kapan ke masyarakat karena dikhawatirkan masyarakat berpikir lain," katanya.
 
Sementara itu, saat dikonfirmasi melalui sambungan telepon dan pesan singkat Kepala BPN Kabupaten Bandung Atet Gandjar Muslihat tidak membalas. 
 
Berdasarkan informasi yang dihimpun, sertifikat program PTSL seharusnya sudah harus dibagikan. Namun, masih menunggu arahan dari pemerintah pusat. Rencananya, pembagian sertifikat akan dilakukan Presiden RI Joko Widodo.