Konsumsi BBM All New Honda Brio Tembus 30 Km/Liter

Konsumsi BBM All New Honda Brio Tembus 30 Km/Liter
INILAH, Bandung - Honda Prospect Motor (HPM) resmi meluncurkan All New Honda Brio di ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2018, Agustus tahun lalu. Dua bulan kemudian, tepatnya Oktober 2018, para jurnalis pun mendapat kesempatan untuk menjajal performa Honda Brio generasi kedua ini di Bali.
 
Kali ini, HPM kembali mengundang sejumlah jurnalis otomotif untuk menguji efisiensi bahan bakar (BBM) All New Honda Brio. Melalui acara bertajuk All New Honda Brio Break The Limit yang digelar pada Selasa (20/3/2019), pengujian berlangsung dengan mengambil rute Jakarta-Bogor-Sirkuit Internasional Sentul dengan jarak sekitar 70 kilometer.
 
Menggunakan All New Honda Brio Satya bertansmisi CVT, para jurnalis, termasuk INILAHCOM, bertolak pada pukul 09.30 WIB dari kantor pusat HPM di kawasan Sunter, Jakarta Utara, menuju jalan tol dalam kota dan lanjut memasuki tol Jagorawi hingga keluar di gerbang Bogor. Mobil pun berputar kembali memasuki tol Jagorawi, lalu keluar di gerbang Sentul dan finish di Sirkuit Internasional Sentul sekitar pukul 11.00 WIB.
 
Meski menguji seberapa hemat konsumsi BBM melalui indikator di Multi-Information Display (MID), bukan berarti mobil berjalan lambat. INILAHCOM memacu mobil dengan kecepatan antara 60-80 km/jam, karena memang aturan berkendara di jalan tol batas minimumnya adalah 60 km/jam.
 
Meski demikian, injakan pedal gas tetap dijaga pada putaran 1.000-1.500 rpm. Dalam pengujian ini, INILAHCOM sengaja tidak mengatifkan fitur penyejuk udara (AC), meski sebagian peserta ada yang mengaktifkan.
 
Keiritan konsumsi BBM pada All New Honda Brio ini memang telah diklaim Honda sejak pertama kali diluncurkan di ajang GIIAS 2018. Pada sesi Media Test Drive di Bali, Oktober 2018, Chief Engineer Assistant Large Project Leader Honda R&D Asia Pacific Co., Ltd., Yasuhiro Kumai, mengklaim mesin All New Honda Brio lebih baik dibanding dengan model sebelumnya meski secara teknis memiliki dimensi sama.
 
Seperti generasi pertamanya, All New Honda Brio masih menggunakan mesin SOHC silinder segaris 16 katup i-VTEC berkapasitas 1.200cc. Mesin ini mampu menyemburkan tenaga hingga 90 PS pada 6.000 rpm dengan torsi maksimum 110 Nm pada 4.800 rpm.
 
"Meski demikian, kami terus melakukan pengembangan. Performa dan keiritan bahan bakat terus ditingkatkan," kata Kumai.
 
Klaim tersebut pun dibuktikan dengan berhasil menembus konsumsi BBM 30 km/liter. Bagaimana hasilnya? All New Honda Brio Satya teririt mencapai konsumsi BBM 30,1 km/liter. INILAHCOM sendiri mampu mencapai 28,2 km/liter. Angka tersebut berdasarkan indikator pada layar MID.
 
Menengok ke 2016, sejumlah jurnalis pun sempat menguji coba efisiensi bahan bakar Honda Brio generasi pertama. Kali itu, INILAHCOM mampu mencatatkan hasil 23,7 km/liter dengan mobil yang mengaktifkan AC. Catatan tertinggi saat itu untuk efisiensi BBM Honda Brio adalah 28,9 km/liter.
 
Akhirnya rekor tersebut berhasil dipecahkan dalam sesi acara All New Honda Brio Break The Limit.(inilah.com)