• Pejabat Baru Kota Bandung Dilantik 3 Januari 2017

    Oleh : Yogo Triastopo26 Desember 2016 14:59
    INILAH, Bandung - Kendati Peraturan Pemerintah (PP) menyebut bahwa Susunan Organisasi Tata Kerja (SOTK) baru di lingkungan Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung efektif per 1 Januari 2017, Kota Bandung baru akan melantik resmi pada 3 Januari.

    "Surat edaran dari Mendagri, memang SOTK baru berlaku per 1 Januari. Tetapi karena hari libur, kemungkinan di Kota Bandung baru bisa melaksanakan pada tanggal 3 Januari," kata Sekertaris Daerah (Sekda) Kota Bandung Yossi Irianto pada, Senin (26/12/2016).

    Kendati demikian, Yossi masih enggan membocorkan siapa nama-nama pejabat baru yang akan dilantik pada satu pekan ke depan. Ia hanya menuturkan, bila pihaknya telah mengantongi nama-nama pejabat baru yang nantinya akan dilantik Wali Kota Bandung.

    "Sudah ada ya nama-namanya, soal siapa, kita lihat nanti. Itu mutlak kewenangan dari pak wali," ucapnya.

    Lanjut ia, kemungkinan perubahan pada jabatan kepala dinas dan badan tak menutup dilakukan. Bahkan, Pemkot Bandung tak segan melakukan penyegaran bila di dalam rapor penilaian, ditemukan kinerja buruk dari sejumlah pejabat di lingkungan Pemkot Bandung.

    "Bahkan Kota Bandung satu-satunya yang memiliki assesmen dengan pola interview," ujar dia.

    Menurut Yossi, pejabat di SOTK baru akan mengacu pada penilaian dan evaluasi. Bahkan PP Nomor 18 tahun 2016 memberikan kewenangan mengevaluasi kinerja SOTK, terlebih dalam hal meningkatkan kualitas pelayanan dan perizinan dan non perizinan.

    "Dengan ada dinas baru, sistem pelayanan bisa lebih mudah dan cepat. Misalnya dengan adanya dinas yang menanggulangi kemiskinan. Sehingga dalam menerima bantuan, masyarakat miskin tidak lagi harus di lempar kesana-kesini," tandasnya. [jek]