• Headline

    Penggalangan Dana Rohingya Tembus Rp 4 miliar lebih

    Oleh : Yogo Triastopo11 September 2017 18:10
    INILAH, Bandung - Penggalangan dana bagi warga muslim Rohingya Myanmar oleh Wali Kota Bandung Ridwan Kamil mencatat pencapaian baru. Total donasi terkumpul, mencapai Rp 4,3 miliar.

    Total tersebut, dikatakan dia didapat melalui penggalangan dana secara manual dan sistem online melalui kitabisa.com.

    "Penggalangan dari manual mencapai 1,2 miliar dan melalui online mencapai 3,1 miliar. Kalau di total sekitar 4,3 miliar dan hampir 4,4 miliar," kata Ridwan di Pendopo Jalan Dalem Kaum Kota Bandung pada Senin (11/9/2017).

    Hasil penggalangan dana tersebut, dituturkan dia akan disalurkan melalui sebuah lembaga kemanusiaan bernama Aksi Cepat Tanggap (ACT). Dirinya berpesan, agar bantuan disampaikan secara tranparasi.

    "Kenapa ACT, karena dia sudah memiliki intrumen, pasukan dan networking di Myanmar maupun Bangladeshnya. Maka kita pilih ACT," ucapnya.

    Menurut Ridwan, pencapaian tersebut tak lepas dari tiga hal. Ketiga hal itu adalah empati, teknologi dan komunikasi. Hasilnya, dalam satu hari saja traffic donasi bisa menembus angka 1 miliar.

    "Mudah-mudahan, ini membantu dan meringankan beban penderitaan dari warga Rohingya dan saya tidak pertama kali melakukan ini. Mudah-mudahan kita bisa hidup damai," ujar dia.

    Terkait jenis bantuan, diakui dia sepenuhnya diserahkan kepada ACT. Pihaknya hanya berharap, adanya transparasi dan laporan yang dapat dipertanggungjawabkan ketika donasi tersebut termanfaatkan.

    "Terserah ACT mau diapakan, mau jadi beras, tempat shelter, tempat kesehatan. Apapun yang dibutuhkan karena mereka yang lebih mengerti kebuthan di sana," ucapnya.

    Terlepas itu, Ridwan tidak ambil pusing terkait langkahnya yang disangkutpautkan dengan pencitraan.

    "Yang penting orang mau komen apa, bantuan itu tetap hadir membawa perubahan dan manfaat. Saya kira itu wajar dalam dinamika. Tidak membantu disebut tidak peduli, membantu disebut pencitraan dan sebagainya," tandas Ridwan. [jek]



meikarta.. the world of ours