• Taman Cikapundung Dilengkapi SPLU

    Oleh : Yogo Triastopo12 September 2017 10:57
    INILAH, Bandung - Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung dan PT PLN meresmikan Stasiun Penyedia Listrik Umum (SPLU) Beji Lintar di Taman Cikapundung River Spot pada 11 September kemarin.

    PLN distribusi Jawa Barat sudah mengoperasikan sebanyak 23 SPLU yang tersebar di sejumlah lokasi sejak dikembangkan pada 2015. Di antaranya adalah Bandung, Cimahi, Majalaya dan titik lainnya di Jabar.

    Di Kota Bandung, jumlah SPLU telah ada di 15 titik tersebar di 11 lokasi. Di antaranya dua titik di Taman Cikapundung, Tamansari dan TVRI Bandung. Sementara satu titik di Pasar Jamika, Taman Musik dan Taman Makam Pahlawan.

    "Juga di Pasar Kiaracondong, SMP 46, Pasar Gedebage dan Alun-alun Ujungberung," kata Wakil Wali Kota Bandung Oded M Danial.

    Pemerintah kota disampaikan dia mengapresiasi kerjasama kedua belah pihak. Hal ini membuktikan bahwa kolaborasi dengan pihak manapun dengan tujuan memberikan manfaat dan pelayanan akan menjadi luar biasa.

    "Salah satu bukti adanya SPLU ini. Dengan hadirnya energi listrik di beberapa sudut wilayah, memberikan kemudahan untuk mendapatkan listrik di tempat umum," ucapnya.

    Oded optimistis bahwa kerjasama dapat berjalan dengan baik. Sebabnya instrumen pemerintah kota maupun Badan Usaha Milik Negara (BUMN) dapat berbagi kebermanfaatan untuk masyarakat.

    Menurutnya, dengan adanya SPLU memberikan kemudahan untuk mendapatkan listrik di ruang publik khususnya bagi mereka pelaku usaha mikro kecil dan menengah serta pedagang kaki lima.

    "Adanya sumber listrik memberikan kemudahan dalam berbagai macam kegiatan, sehingga inovasi ini sangat bermanfaat sekali. Jadi masyarakat tidak usah khawatir jika melakukan usaha di luar ruangan," ujar dia.

    Dia berharap, program yang dicanangkan PT PLN terus dilakukan secara countinue dan dikembangkan.

    "Bandung ibu kota Provinsi Jabar dan membutuhkan banyak SPLU. Kita berharap, kolaborasi ini memberikan kontribusi dan pelayanan kepada publik yang lebih baik," harapnya.

    Sementara itu, General Manager PLN Distribusi Jabar Iwan Purwana mengatakan, kerjasama dengan pemerintah kota dalam hal SPLU bakal terus dilakukan baik dalam pelayanan maupun inovasi.

    "Kita akan terus menggali lagi kemampuan yang bisa dilakukan oleh PT PLN, sehingga apa saja yang bisa memberikan manfaat untuk masyarakat bisa kita lakukan," kata Iwan.

    Disebut dia SPLU memiliki kebermanfaatan seperti memberikan kemudahan bagi para PKL ketika melakukan sebuah event maupun bazar yang memerlukan sumber listrik murah dan ramah lingkungan.

    "SPLU memberikan jaminan tegangan stabil, sehingga membantu tumbuh kembang ekonomi di sektor pedagang kecil dan menengah. SPLU juga hadir dalam mendukung program pemerintah," ucapnya. [ito]