• Ini Syarat Menjaga Kerukunan Beragama Versi Oded

    Oleh : Yogo Triastopo13 September 2017 16:08
    INILAH, Bandung - Pemerintah kota memiliki peran mengonsolidasikan kondusifitas dan ketentraman kehidupan beragama. Hal itu sebagaimana peraturan bersama Menteri Agama dan Menteri Dalam Negeri No 9 tahun 2006 dan No 8 tahun 2006.

    Wakil Wali Kota Bandung Oded M Danial manyampaikan, bahwa kerukunan umat bergama di Indonesia adalah sebuah keniscayaan. Lantaran semenjak dahulu, Negara Indonesia sudah terlahir sebagai bangsa yang beraneka ragam.

    "Tetapi dengan dua syarat, yaitu warga Indonesia harus menjalanka agamanya secara taat dan juga mematuhi hukum formal di Indonesia," kata Oded di Hotel Atlatic City Jalan Pasirkaliki Kota Bandung, Rabu (13/9/2017).

    Dijelaskan dia, setiap agama tidak mengajarkan kekerasan maupun tindakan tidak terpuji. Salah satu contoh adalah agama Islam yang selalu mengajarkan berkasih sayang dan berbelas kasihan juga saling memaafkan serta tidak menghina orang lain.

    Nilai-nilai kebaikan universal seperti berkasih sayang, saling menghormati, cinta damai dan berperilaku baik kepada sesama serta sekitar diajarkan semua agama. Bahkan sambung dia, tata cara berbangsa dan bernegara pun diatur sedemikian rupa agama.

    "Tetapi pada praktiknya selalu terjadi penyimpanan yang biasanya dilakukan oknum tidak bertanggung jawab. Tugas kita adalah bagaimna caranya agar tidak ada oknum," ucapnya.

    Lantaran hal tersebut, pemerintah kota melalui dinas-dinas terkait, dituturkan dia perlu mengkonsolidasikan kekuatan bahu-membahu secara proposional dengan memberikan pendidikan kepada warga. Kegiatan sosialisasi ini menjadi salah satu upaya. [jek]



meikarta.. the world of ours