• Melanggar Aturan, Oded Intruksikan Segel Salah Satu Apartemen di Ciumbuleuit

    Oleh : Yogo Triastopo15 September 2017 19:03
    INILAH, Bandung - Wakil Wali Kota Bandung Oded M Danial melakukan inspeksi mendadak (sidak) ke Apartemen Ciumbuleuit Regency di Kelurahan Hegarmanah, Kecamatan Cidadap, Jumat (15/9/2017) sore.

    Kedatangan orang nomor dua ke apartemen di Jalan Bukit Indah tersebut, bertujuan untuk mengecek legalitas perizinan yang terindikasi telah melakukan pelanggaran jumlah lantai serta fungsi bangunan.

    "Saya melihat secara kasat mata, memang ada pelanggaran," kata Oded seusai sidak.

    Menurut dia, Apartemen Ciumbulueit Regency telah menyalahi aturan izin. Kesalahan pertama adalah soal jumlah lantai di mana lantai lima, enam dan tujuh tidak disertai rekomendasi izin.

    "Kesalahan kedua adalah fungsi bangunan di mana izin yang diberikan adalah untuk rusun dan pada kenyataannya dipergunakan untuk kos-kosan. Jelas penyimpangannya sangat terlihat," ucapnya.

    Atas dasar tersebut ditegaskan dia, Pemerintah Kota (Pemkot) segera mengambil langkah. Dinas terkait telah diintruksikan dia, untuk mempelajari kasus tersebut dan segera melakukan penyegelan.

    "Selanjutnya, saya intruksikan agar dipelajari mereka dan di hari Senin atau Selasa harus disegel. Dan saya juga minta aparat kewilayahan mendata berapa orang yang kos. Izinnya ini 2012 dan izin ini tidak diperbaharui," ujar dia.

    Pengelola Apartemen Ciumbuleuit Regency, Anto, menyangkal bila pihaknya tidak mentaati soal perizinan bangunan. Jauh-jauh hari, segala proses perizinan sudah dilakukan sesuai prosedur.

    "Jadi izin ini diberikan secara bertahap. Kita bukan tidak mengurus izin, tapi izin ini sudah kita urus lama dan engak jadi-jadi. Ini bukan persoalan itikad tidak baik, tapi di dalam prosesnya izin itu tidak jadi-jadi," kata Anto [jek]