• Headline

    Penularan HIV/AIDS di Cimahi Tinggi

    Oleh : Fuad Hisyamudin30 November 2016 20:25
    •  Share
    •  Tweet
    INILAH, Cimahi- Penderita HIV/AIDS di Kota Cimahi terus mengalami peningkatan. Tercatat, sejak tahun 2007-2016 ada 290 kasus HIV/AIDS.

    Pengelola Komisi Penangguulangan AIDS (KPA) Kota Cimahi, Kin Fathudin mengatakan, mayoritas kasus berasal dari kalangan ekonomi menengah ke bawah dan berada dalam usia produktif antara 15-25 tahun.

    "Kasus penularan HIV/AIDS di Kota Cimahi cukup tinggi. Dari Januari sampai September 2016 saja tercatat sudah ada 33 penderita HIV/AIDS baru," ujarnya, Rabu (30/11/2016).

    Jika mau dibuka, kata dia, untuk bulan Oktober dan November ini, kasus baru sudah ada. Tapi baru akan disampaikan di Desember. "Karena biasanya laporan itu setiap tiga bulan sekali,” ujarnya.

    Kin menjelaskan, penularan HIV/AID di Kota Cimahi disebabkan karena seksual atau seks bebas yang biasanya terjadi pada komunitas heteroseksual atau Laki Seks Laki (LSL).

    Tapi Oktober kemarin, pihaknya menemukan kasus baru yang terjadi pada ibu dan anak bayi. "Ibunya masih muda anaknya masih usia dua tahun delapan bulan,” kata Kin.

    Kebanyakan dari para ibu rumah tangga tersebut, lanjut Kin,
    tertular oleh suaminya yang kemudian meninggal dengan ciri-ciri sebagai orang dengan HIV/AIDS.

    Padahal, jika saja mereka paham informasi pencegahan penularan HIV/AIDS, resiko penularannya bisa dikurangi.

    "Padagal informasi tentang HIV AIDS bisa dengan mudah didapatkan dari Puskesmas atau kader di Kelurahan," ujarnya.

    Dikatakan lebih jauh, penderita HIV/AIDS dari keluarga pra sejahtera cenderung kesulitan mengakses pelayanan kesehatan. Selain karena keterbatasan dana untuk berobat, kalangan ekonomi menengah ke bawah juga jarang mendapat informasi tentang penyakit HIV/AIDS.

    "Makanya kami sekarang lagi bekerja sama dengan Dinas Sosial, Dinas Kesehatan dan beberapa komunitas untuk menjangkau mereka (penderita HIV/AIDS). Karena bisanya yang menjadi kendala itu, ketika ditemukan orang dengan HIV/AIDS kondisinya sudah parah," bebernya. [ito]