• Headline

    DBMP Uji Coba Pompa Banjir di Bumi Panyileukan

    Oleh : Yogo Triastopo02 Desember 2016 17:27
    •  Share
    •  Tweet
    INILAH, Bandung - Dinas Bina Marga dan Pengairan (DBMP) Kota Bandung melakukan uji coba instalasi rumah pompa Sungai Cisalatri, Jumat (2/12/2016).

    Uji coba instalasi rumah pompa di Kelurahan Cipadung Kidul Kidul, Kecamatan Panyileukan ini, diharapkan hanya berlangsung beberapa hari saja.

    Pejabat Kegiatan Teknis Kegiatan (PPTK) Bidang Pengairan DBMP Kota Bandung Nurdin mengatakan uji coba salah satu upaya mengatasi banjir.

    "Saya berharap banjir di Bumi Panyileukan ini bisa teratasi dengan adanya rumah pompa," kata Nurdin saat ditemui di lokasi.

    Menurut ia, pemeliharaan dan operasional rumah pompa Sungai Cisalatri tersebut akan ditangani oleh Bidang Pengairan DBMP Kota Bandung.

    "Masalah program ke depan, rumah pompa ini masih dalam pengawasan Pemkot Bandung. Kalau ada problem, kita akan langsung tangani," ucapnya.

    Lanjut Nurdin, rumah pompa Sungai Cisalatri dibekali motor genset berdaya 200 kva dengan empat pompa yang sanggup mendorong air hingga sembilan meter kubik per menit.

    "Saya tekankan ke pemborong bisa selesai Senin depan, karena curah hujan tinggi itu Desember. Mudah-mudahan, secepatnya sudah bisa serah terima," ujar dia.

    Ketua Rukun Warga (RW) 08 Komplek Bumi Panyileukan Deden Heri menyambut senang uji coba rumah pompa Sungai Cisalatri.

    Ia mewakili 14 RW lainnya mengaku telah menunggu lama kehadiran rumah pompa yang telah diajukan warga dari jauh-jauh tahun sebelumnya.

    "Alhamdulillah, kita sudah ajukan di tahun 2014 dan baru sekarang bisa terealisasi. Ekspetasi warga sudah begitu tinggi terhadap rumah pompa ini," kata Deden.

    Ia berharap, keberadaan rumah pompa Sungai Cisalatri bisa mengatasi banjir yang selama bertahun-tahun menghantui warga Bumi Panyileukan.

    "Kita hanya ingin memastikan kalau rumah pompa ini bisa berjalan baik dan berumur tinggi. Karena persoalan banjir kan tidak bisa diprediksi," ucapnya. [ito]