• Bunga Bangkai Gegerkan Warga Katapang

    Oleh : Rd Dani Rahmat Nugraha11 Januari 2017 16:23
    •  Share
    INILAH,Soreang- Warga Kampung Cijagra dan Kampung Bojongsalak Desa Cilampeni Kecamatan Katapang Kabupaten Bandung, digegerkan dengan kemunculan bunga bangkai amorphophallus, jenis paeonifolius. Bunga tersebut tumbuh di pinggir jalan jalur pertigaan di kedua kampung tersebut, dengan ukuran kurang lebih 30 sentimeter dan tumbuh sejak sepekan terakhir ini.

    Tono (47) salah seorang warga Kampung Bojongbuah yang sehari-hari berjualan di daerah tersebut, membenarkan jika bunga tersebut muncul dan mekar sejak sepekan terakhir. Mungkin, kata dia, bunga tersebut, tumbuh setelah hujan terus turun. Namun saat ini mulai layu, karena sudah beberapa hari terakhir ini tak turun hujan.

    "Dari kemarin banyak warga berbondong-bondong pengen lihat bunga bangkai. Tapi memang ini tidak terlalu besar seperti di tempat lain,"kata Tono, Rabu (11/1/17).

    Dikatakan Tono, sejak kemunculannya, bunga bangkai tersebut, terus menjadi perhatian masyarakat sekitar. Tapi sayangnya, saat ini kondisinya terlantar dan dibiarkan tanpa dirawat. Bahkan, banyak juga masyarakat yang tahu keberadaan bunga tersebut, namun tidak mengetahui bahwa bunga itu langka.

    "Sebenarnya banyak juga warga yang lihat tapi cuek. Mungkin karena tidak tahu kalau itu bunga langka dan jarang sekali tumbuh,"ujarnya.

    Sedangkan dirinya, lanjut Nono, mengetahui jika bunga langka, kerena beberapa kali ia melihat tayangan bunga serupa di televisi. Namun anehnya, biasanya bunga bangkai itu sering ditemukan tumbuh di daerah Pulau Sumatera.

    "Jadi aneh juga kalau ada bunga bangkai di sini. Tapi sangat menarik dan langka sehingga jadi tontonan masyarakat,"katanya.

    Anwar (31) salah seorang warga lainnya mengatakan, banyak warga yang tak menyadari bunga bangkai tersebut. Padahal, bunga tersebut sangat langka dan belum tentu tumbuh lagi di tempat yang sama.

    "Awalnya juga saya tidak menyadari kalau itu bunga bangkai yang langka itu. Tapi setelah dilihat secara detail, bunga ini seperti yang pernah saya lihat di televisi,"kata Anwar.


-->