• Pemkab Bandung Minta Skema Penanganan DAS Citarum

    Oleh : Rd Dani Rahmat Nugraha13 Januari 2017 16:12
    •  Share
    INILAH, Bandung - Pemerintah Kabupaten Bandung meminta penanganan Daerah Aliran Sungai (DAS) Citarum yang selama ini dilakukan oleh Pemerintah Pusat, sebaiknya terjadwal hingga lima tahun kedepan. Sehingga, penanganannya lebih jelas dalam hal evaluasinya.

    Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Bandung Sofian Nataprawira mengatakan, belum lama ini, Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan bersama Direktorat Jendral Kehutanan dan Lingkungan Hidup dan sejumlah Pemda yang wilayahnya dilintasi Sungai Citarum melakukan rapat koordinasi membahas penanganannya.

    "Pengerjaannya oleh Pemerintah Pusat. Berkoordinasi dengan pemerintah daerah. Kami minta ada skema, berapa tahun pekerjaan tersebut akan diselesaikan," katanya, kepada wartawan, Jumat (13/1/17).

    Dikatakan Sofian, Pemerintah Pusat mengucurkan kembali anggaran untuk penanganan DAS Citarum dan hulu Sungai Cimanuk, sebesar Rp 257 miliar. Fokus penghijauan ada di Sungai Citarum tepatnya dari hulu hingga hilir Sungai Citarum.

    Sofian menjelaskan, total lahan kritis di Kabupaten Bandung mencapai 2.500 hektar yang berada di kawasan hulu dan hilir. Kata dia, lahan kritis ini bukan hanya di wilayah Kabupaten Bandung dan Kabupaten Garut saja, ada juga di wilayah Nusa Tenggara Barat. Jadi, total anggaran yang disiapkan Pemerintah Pusat mencapai Rp326 miliar.

    "Penanganan Citarum hulu dan Cimanuk hulu dianggarkan sekitar Rp257 miliar. Tapi kalau anggaran untuk Citarum kami belum mengetahuinya karena masih dalam proses pemyusunan Dipa dari kementerian,"ujarnya. [jek]


-->