• Headline

    Prototipe LRT Dipamerkan di Alun Alun Pekan Depan

    Oleh : Yogo Triastopo20 Maret 2017 15:50
    INILAH, Bandung - Moda transportasi modern Light Rail Transit (LRT) di Kota Bandung akan dimulai pengerjaannya dua bulan lagi.

    "Alhamdulillah LRT sudah semakin dekat. Dua bulan dari sekarang, dimulai proses pekerjaannya," kata Wali Kota Bandung Ridwan Kamil di Pendopo Jalan Dalem Kaum Kota Bandung pada, Senin (20/3/2017).

    Menurut dia, moda transportasi modern ini akan membentang dari wilayah Bandung Utara ke Bandung Selatan atau tepatnya dari kawasan Sasana Budaya Ganesa (Sabuga) Tamansari hingga Leuwipanjang.

    "Kita mulai dari yang termudah dahulu, dari jalur stasiun menuju alun-alun. Setelah enam bulan, dari alun-alun menuju tegalega. Dan yang paling membanggakan adalah, LRT ini asli hasil karya anak bangsa," ucapnya.

    Sehingga dituturkan dia, lantaran 95 persen kandungan lokal di dalamnya, membuat proyek pembangunan LRT di Kota Bandung jauh lebih hemat dibanding proyek kereta ringan Jabodetabek. Pengehamatan mencapai 70 persen.

    "Di Jabodetabek atau Palembang, jalur LRT perkilometer bisa menghabiskan biaya mencapai Rp 400 sampai Rp 500 miliar. Kalau Metro Kapsul ini, hanya Rp 150 miliar per kilo meter. Jadi hanya satu pertiga dari harga LRT biasa," ujar dia.

    Ridwan mengaku telah menjalin komunikasi dengan Presiden. Jokowi sendiri, dikatakan dia begitu antusias mengenai proyek Metro Kapsul. Terlebih menyangkut kandungan lokal di dalamnya.

    "Saya sendiri optimis, LRT buatan anak bangsa ini karena akan meringankan biaya ongkos. Masyarakat hanya perlu mengeluarkan sampai Rp 12 ribu saja. Tidak hanya itu, beban APBN dan APBD jika ada akan sangat ringan," ucapnya.

    Diharapkan dia, hadirnya LRT akan mempermudah masyarakat dalam menikmati fasilitas transportasi massal di Kota Bandung. Sehingga perekonomian kian meningkat lantaran waktu dan biaya lebih sedikit.

    "Minggu depan, prototipe LRT ini akan hadir di Alun-alun. Karena ini mimpi paling susah," tandas dia. [ito]



meikarta.. the world of ours