• Headline

    36 Ribu Personel Amankan Arus Mudik di Jabar

    Oleh : Ahmad Sayuti19 Juni 2017 19:39
    INILAH, Bandung- Sebanyak 36 ribu personel gabungan disebar di 299 pos pengamanan (Pospam) dan 33 pos pelayanan (Posyan) di tiga jalur lintasan mudik di Jabar.

    Kabid Humas Polda Jabar Kombes Pol Yusri Yunus mengatakan, jadi totalnya ada 36 ribu personel gabungan. Polri menyiagakan sebanyak 21 ribu, TNI 6 ribu dan sisanya dari stake holder lainnya.

    "Mereka akan berjaga di 299 Pospam, 33 Posyan dan dua Pos Induk di Cikopo dan Palimanan," katanya usai gelar pasukan di Jalan Diponegoro, Senin (19/6/2017).

    Selain itu, sembilan titik rawan yang ada di Jabar pun sudah diantiaipasi dan ditempatkan petugas untuk melakukan pengamanan.

    Adapun sembilan titik rawan macet arus mudik, yakni di Tol Cikampek rest area 57 dan 62. Dua lokasi tersebut rawan kemacetan, lantaran para pemudik semuanya rata-rata ingin beristirahat dan berbuka di sana.

    "Makanya di sana kita terapkan sistem pagar betis," ujarnya.

    Kemudian di Palimanan, yakni di pintu tol keluar. GT exit Cipali jadi rawan macet, lantaran di sana para pengendara selain bayar tol, juga mengambil tiket. Ada jeda waktu itulah yang membuat kendaraan jadi menumpuk.

    Untuk itu pihaknya meminta jasa pengurus tol agar melakukan sistem jemput bola, yakni memerikan tiket kepada para pengendara.

    Selanjutnya, di Kahatex. Walaupun sudah dibersihkan, namun masih banyak penyebrang dan akan diberlakukan kanalisasi, kemudian Cileunyi, Nagreg dan Puncak. [jek]



meikarta.. the world of ours