• Cimahi Siap Hadapi Lebaran

    Oleh : Fuad Hisyamudin19 Juni 2017 19:40
    fotografer: Fuad Hisyamudin
    INILAH, Cimahi-Pemerintah Kota Cimahi menyatakan kesiapannya menghadapi arus mudik, arus balik dan libur panjang sepanjang hari raya Idul Fitri 1438 H. Cimahi berkomitmen, masyarakat yang akan merayakan lebaran bisa khusuk mansuk dengan terjamin keamanan, ketertiban, kesehatan dan lainnya.

    Kesiapan Cimahi ini terlihat dalam apel siaga pengamanan Hari Raya Idul Fitri 1438 Hijriyah, yang dipimpin langsung oleh Wakil Walikota Cimahi Sudiarto, di Lapangan Apel Komplek Perkantoran Pemkot Cimahi, Jalan Rd.Demang Hardjakusumah, Senin (19/6/2017).

    Sekitar seribuan aparatur sipil negara dan sejumlah petugas lainnya tampak hadir dalam kegiatan tersebut. Terlihat personil Dinas perhubungan Kota Cimahi, Dinas Perdagangan KUKM dan Perindustrian Kota Cimahi, Dinas kesehatan kota cimahi, Dinas Lingkungan Hidup Kota Cimahi, Dinas pekerjaan umum dan penataan ruang kota cimahi, Satuan Pamong Praja dan Pemadam Kebakaran Kota Cimahi, Badan Penanggulangan Bencana (BPBD) dan RSUD Cibabat.

    Plt Walikota Cimahi Sudiarto mengatakan, apel siaga ini diselenggarakan untuk mengecek kesiapan akhir pengamanan hari raya Idul Fitri. Terutama terkait dengan kekuatan personel, kelengkapan peralatan, sarana prasarana dan kesiapan institusi lain yang terlibat, sebelum melaksanakan tugas di lapangan.

    "Melalui apel siaga ini diharapkan rencana pengamanan yang telah dipersiapkan dengan matang dan cermat. Kita berharap hari raya nanti berjalan lancar sesuai dengan harapan," kata Sudiarto, usai kegiatan.

    Dijelaskan, tugas pengamanan Idul Fitri bisa meksimal jika bahu membahu. Semua tugas, kata dia, dapat dilaksanakan secara baik dan mampu mendorong sinergitas antara seluruh stakeholders.

    "Sehingga penyelenggaraan pengamanan hari raya idul fitri 1438 Hdapat berjalan dengan sukses. Masyarakat bisa khusuk menjalani berbagai kegiatan di hari raya," katanya.

    Dalam kesempatan tersebut, orang yang kini jadi nomor satu di Cimahi ini mengingatkan, para personil agar mengantisipasi berbagai kemungkinan terburuk. Berbagai potensi ancaman kamtibmas harus terus diantisipasi.

    Tidak menutup kemungkinan, kata dia, berbagai ancaman keamanan seperti terorisme, teror bom, sabotase, penyalahgunaan narkoba, miras, peningkatan kebutuhan bahan bakar minyak, peningkatan harga kebutuhan pokok, kebakaran, kriminalitas, penjualan petasan dan bencana alam.

    "Pelaksanaan pengamanan raya Idul Fitri bertujuan untuk terwujudnya rasa aman dan nyaman bagi masyarakat yang melaksanakan kegiatan perayaan hari raya. Kegiatan pengamanan akan dilaksanakan mulai h-7 sampai dengan h+7," bebernya.

    Pihaknya berkomitmen, dengan menempatkan petugas atau personel disetiap bidang, maka berbagai kemungkinan terburuk bisa diantisipasi. Para personil, diharapkan bisa memenuhi kebutuhan pada titik-titik yang telah ditentukan.

    "Personil sudah kita tempatkan di titik strategis dengan sasaran pusat perbelanjaan, terminal, tempat ibadah, permukiman serta kegiatan masyarakat lainnya seperti ibadah, ziarah, belanja, mudik, rekreasi dan lain sebagainya," jelasnya. [jek]