• Siswa SDN Bobojong Harus Berbagi Ruangan Kelas

    Oleh : Rd Dani Rahmat Nugraha17 Juli 2017 16:28
    Ilustrasi
    INILAH, Soreang- Keterbatasan ruang kelas memaksa para siswa di SDN Bobojong Kampung Bobojong Desa Buninagara Kecamatan Kutawaringin Kabupaten Bandung bersekat papan.

    Di sekolah tersebut, hanya tersedia tiga ruangan yang diperuntukan enam kelas dengan jumlah siswa sebanyak 98 orang, bahkan kepala sekolah dan guru pun harus berbagi ruangan dengan siswa.

    Kepala Sekolah SDN Bobojong Cece Cukmara mengatakan, satu kelas di sekolah itu diisi oleh jumlah siswa yang beragam. Antara 9,15 dan 19 orang, sebagian besar dari siswa ini adalah warga sekitar.

    Lokasi sekolah ini, berbatasan dengan makam dan tebing yang berada di belakang sekolah. Bangunan sekolah berdiri memanjang di atas lahan seluas 300 meter persegi yang dikelilingi pemukiman warga.

    "Dulu Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) disekat-sekat. Sekarang Alhamdulilah ditambah dua ruangan lagi. Memang awalnya mau dibangun dari dana alokasi khusus oleh desa, tapi lahannya tidak ada, kepala desa juga bilang darimana lahannya, ini dananya dari APBD," kata Cece, Senin (17/7/17).

    Karena keterbatasan lahan, kata Cece, penambahan ruang kelas di lantai dua. Pembangunan dua ruangan tersebut, tengah berlangsung sejak pekan lalu. Karena bangunan SDN Bobojong tengah ditingkatkan, untuk sementara KBM siswa dipindahkan sementara sebuah madrasah yang tak jauh dari sekolah itu.

    Meski memiliki keterbatasan ruangan kelas, namun kata Cece, jumlah pendaftar siswa baru di sekolah ini lumayan banyak, tahun ini ada 20 orang siswa. Sedangkan tahun sebelumnya hanya ada 12 orang siswa baru. Sedangkan siswa kelas 6 yang lulus dari sekolah ini ada 13 orang siswa.

    "Pembangunan ruang kelas baru ini membuat orang tua siswa percaya kembali untuk menyekolahkan anak-anaknya di sini. Tapi memang belum maksimal, karena kami belum punya ruangan guru dan perpustakaan. Kalau keinginan saya sih yah semua fasilitasnya lengkap agar lebih nyaman siswa yang belajar di sini,"ujarnya.[ito]