• Headline

    Kota Bandung Pelototi Muara Aliran Uang Parkir Liar

    Oleh : Yogo Triastopo20 September 2017 14:35
    INILAH, Bandung - Pedagang Kaki Lima (PKL) di Kota Bandung akan ditindak tegas apabila kedapatan melanggar aturan. Hal tersebut, dikemukakan Wali Kota Bandung Ridwan Kamil Rabu (20/9/2017).

    "Kita akan merutinkan kerjasama dengan kepolisian dan Denpom terkait penertiban PKL dan parkir-parkir liar," kata Ridwan di Pendopo Jalan Dalem Kaum Kota Bandung.

    Menertibkan PKL dan parkir liar diibaratkan dia seperti mengusir lalat yang telah pergi dan terus kembali. Sehingga perlu adanya tindakan-tindakan khusus agar terciptanya ketertiban di Kota Bandung.

    "Diharapkan makin ke sini, intensitas kerjasama ini bisa membuat lebih tertib. Khususnya untuk wilayah pusat kota sebagai wajah pariwisata Kota Bandung," ucapnya.

    Terkait parkir liar, Ridwan mengaku telah mengintruksikan agar titik-titik yang belum dikelola Dinas Perhubungan (Dishub) dapat diformalisasi. Tujuannya supaya area parkir bisa dioptimalkan untuk pendapatan daerah.

    "Sampai saat ini saya sendiri belum mendapat laporan ke mana aliran uang parkir liar ini bermuara," ujar dia.

    Hanya saja dalam prosesnya, dituturkan dia, harus diawali dari lembaga UPT Parkir menjadi Badan Layanan Umum Daerah (BLUD) agar lebih leluasa menjalin kerjasama pengelolaan parkir dengan pihak swasta.

    "Mesin parkir pun kenapa belum optimal karena keterbatasan SDM dari Dishub. Keterbatasan SDM ya harus diserahkan ke swasta. Tetapi harus berbentuk badan hukum yang namanya BLUD," ucapnya. [ito]