• Pemprov Jabar dan Apindo Upayakan Sertifikasi Pekerja

    Oleh : dea13 Oktober 2017 17:44
    INILAH, Bandung - Pemerintah Provinsi Jawa Barat bersama Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) mendorong sertifikasi keahlian profesi tertentu untuk dibuat sebuah standar.

    "Saya tadi berdiskusi singkat tapi serius terkait bagaimana Apindo dan Pemprov Jabar bersinergi dalam penyerapan tenaga kerja yang mempunyai standarisasi," tutur Sekretaris Daerah Jawa Barat Iwa Karniwa, di Bandung, Jumat (13/10/2017).

    Iwa menyebut, dalam upaya penetapan standar, Apindo maupun Pemprov Jabar, harus menyiapkan sumber daya manusia yang mumpuni dan mampu berkompetisi dalam berbagai keahlian yang digelutinya.

    "Sehingga perlu ada sertifikasi yang diakui oleh dunia nasional sampai internasional, supaya SDM kita mempunyai daya saing," katanya.

    Oleh karena itu, Apindo dan Pemprov Jabar dalam hal ini akan merencanakan kerjasama dalam proses penyiapan tenaga kerja bersertifikasi untuk meningkatkan kualitas dan kesempatan kerja masyarakat Jabar.

    Seperti contoh, di Jabar jumlah tenaga kerja dan angkatan kerja cukup besar, namun tidak memiliki sertifikasi keahlian yang sesuai dengan bidangnya.


    "Dengan adanya sertifikasi bagi calon tenaga kerja, maka ke depan SDM kita lebih mudah dalam mencari pekerjaan, pengusaha juga demikian, mereka akan mendapat pekerja yang telah siap," katanya. [ito]