• Pemilu 2019, KPU Bandung Terima Sembilan Berkas Partai

    Oleh : Yogo Triastopo15 Oktober 2017 20:00
    INILAH, Bandung - Calon peserta Partai politik (Parpol) Pemilihan umum (Pemilu) 2019 di Kota Bandung terbilang sepi. Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Bandung, baru menerima sembilan berkas dari 15 partai.

    "Dari sembilan Parpol yang mengembalikan berkas, lima diantaranya dinyatakan diterima, dalam arti berkas sudah sesuai antara di Sipol dengan KTP dan KTA nya," kata Ketua KPU Kota Bandung Rifqi Alimubarok di Kantor KPU Kota Bandung, Minggu (15/10/2017).

    Dijelaskan dia, Kota Bandung tinggal menyisakan enam Parpol. Di hari ini, pihaknya kembali memproses tiga Parpol untuk dikembali verifikasi. Ketiganya adalah Partai Golkar, PKS dan Partai Gerindra.

    "15 partai ini terdiri dari 12 partai lama dan tiga partai baru. Tetapi kemungkinan bertambah. Besok, katanya ada dari Partai Garuda dan Idaman. Sementara lima yang lolos diantaranya Perindo, PSI, PDIP, Nasdem dan Berkarya," ucapnya.

    Dijelaskan Rifqi tidak ada yang begitu mencolok pada proses pendaftaran di tahun ini. Pendaftaran calon peserta Parpol Pemilu 2019, tidak ubahnya seperti di pendaftaran tahun silam. Hanya saja ada verifikasi faktual.

    "Verifikasi faktual khusus untuk Parpol baru untuk memastikan yang didata itu, secara fisik betul-betul menjadi anggota. Sementara yang lama, cuma verifikasi administrasi untuk mencocokan antara daftar nama dengan KTA. Itu saja bedanya," ujar dia.

    Dia menambahkan, penetapan Pemilu legislatif akan berlangsung di Februari mendatang.

    "Jadi, prosesnya sebenarnya hampir empat bulan. Setelah itu baru ditetapkan. Nanti langsung kampanye partai di Maret dan langsung pencalegan. Untuk pendaftaran ini minimal 1000 KTA/KTP, sementara maksimal tidak terbatas," tandasnya.[jek]