• Headline

    Ini Kondisi Terakhir Tol Soreang Pasir Koja

    Oleh : dea14 November 2017 15:30
    INILAH, Bandung - Progres penyelesaian pembangunan Tol Soreang- Pasir Koja (soroja) yang ditargetkan bisa diresmikan pada akhir November 2017 mendatang sudah memasuki tahap akhir.

    Berdasarkan pantauan INILAH, tol sepanjang 15 kilometer tersebut sudah bisa dilewati. Pondasi, pembatas jalan dan gerbang tol pun sudah kokoh berdiri. Hanya tinggal pemasangan marka jalan, Penerangan Jalan Umum (PJU), pemasangan CCTV, dan finishing lainnya.

    Dua bangunan Masjid yang semula alot pembebasan lahannya, saat ini sudah mulai kembali dibangun dengan luas bangunan yang lebih luas dari sebelumnya. Yakni yang asalnya 200 meter persegi, kini menjadi 700 meter persegi.

    Sekretaris Daerah Jawa Barat Iwa Karniwa yang meninjau kesiapan Tol Soroja mengatakan, pihaknya optimis setelah melihat kondisi terakhir di lapangan, pengerjaan kelengkapan jalan tol akan mampu diselesaikan sebelum akhir November 2017.

    "Alhamdulillah posisinya sesuai dengan yang dilaporkan, yakni 98,88 persen, yang tinggal 1,12 persen tinggal lain-lain yang menyangkut marka, PJU, pintu, dan beberapa lainnya termasuk drainase. Tapi secara umum struktur sudah selesai 100 persen, " ungkap Iwa saat meninjau Tol Soroja, di Soreang, Kabupaten Bandung, Selasa (14/11/2017).

    Ia pun berharap, penyelesaian bisa mencapai 100 persen sebelum akhir November sehingga pada awal Desember 2017 Tol bisa langsung digunakan.

    "Jadi sebelum tim pusat turun, untuk peresmian, tentu kami dari pemerintah provinsi membantu sepenuhnya," katanya.

    Sementara itu, Direktur Utama Citra Marga Lintas Jabar Bagus Medi Suarso menyebutkan, saat ini Tol Soroja telah siap dengan lima pintu Gerbang Tol, yakni Soreang, Margaasih, Kutawaringin Barat, Kutawaringin Timur, Pasir Koja.

    "Semua menggunakan E-Tol, " katanya.

    Selain itu, ia pun memastikan di Sepanjang Tol Soroja akan dipasang full penerangan, sehingga masyarakat yang melintas tidak perlu khawatir terkait kemanan di sepanjang Jalan tol.

    Kemudian, di sepanjang Tol pun akan dipasang CCTV yang akan aktif selama 24 jam. Sehingga semua akan terpantau secara langsung.

    "Setiap 1 Kilometer, ada CCTV, jadi gak perlu lagi ada yang patroli, " katanya. [ito]