• Headline

    Tiga Jam, Relawan Ridwan Kamil Kumpukan 60 Juta

    Oleh : Asep Pupu Saeful Bahri19 November 2017 15:07
    INILAH, Bandung - Relawan Jabar Juara mulai menjalankan program donasi, Udunan Warga (Uwa) guna mendukung operasional pencalonan Ridwan Kamil di Pemilihan Gubernur (Pilgub) Jawa Barat 2018. Hasilnya cukup mencengangkan, program Uwa berhasil mengumpulkan dana sekitar 60 juta dalam waktu tiga jam saja.

    Program Uwa ini untuk pertamakalinya dijalankan Relawan Jabar Juara dengan memilih kawasan Car Free Day (CFD) Buah Batu, pada Minggu (19/11). Mereka mulai membuka stand pukul 07.00 WIB hingga pukul 10.00 WIB.

    ‎"Hari ini ada sampai 60 jutaan lah dapet sekitar tiga jam. Perkiraan bisa terus lebih lah, ada yang 250 ribu ada yang seratus ribu," ucap Koordinator Relawan Jabar Juara, Hanief Mochammad‎ di Jalan Buahbatu, Bandung, Minggu (19/11).

    Diutarakan Hanief, pencapaian ini jelas melebihi ekspetasi dia sebelumnya. Program Uwa yang baru diluncurkan sepekan lalu juga memancing respon masyarakat memberikan saran guna menyempurnakan teknis pengumpulan dan strategi pengambilan donasi.

    "Hari pertama mulai aktivasi, meskipun ada beberapa hal teknis belum tuntas, minimal bahwa udunan warga sudah dimulai‎. Hasilnya sangat menggembirakan, dan kami dari relawan terimakasih atas keterlibatan masyarakat dalam demokrasi publik‎," jelasnya.

    Selain membuka donasi, Hanief juga membuka pendaftaran terbuka bagi warga yang ingin bergabung menjadi Relawan Jabar Juara. Karena setidaknya dia memerlukan tambhan tenaga mencapai 150 ribu orang guna bertugas mengawal pencalonan Ridwan Kamil menjadi saksi di Tempat Pemungutan Suara (TPS).

    Selebihnya, sambung Hanief, pendaftaran untuk bergabung di Relawan Jabar Juara dilakukan secara on line. Serta lewat 12 simpul relawan yang tersebar di sejumlah daerah.

    "Responnya sejuah ini sudah cukup banyak, karena kita ada dua kegiatan, udunan warga dan rekruitmen relawan, ada relawan pekerja dan relawan saksi. Saya kira keduanya hampir sama, saya belum mendata, tapi kalau melihat antusiasme masyarakat cukup tingi," terangnya.

    ‎Diungkapkan Hanief, program Uwa akan terus berlanjut hingga batas pelaporan dana kampanye ke Komisi Pemilihan Umum (KPU). Setiap harinya Relawan Jabar Juara akan jemput bola mendatangi sejumlah area publik guna membuka posko pengumpulan donasi.

    "Sampai kampanye juga terus, akan diakhiri beberapa hari sebelum laporan dana kampanye. Kita akan berkejasama dengan pusat keramaian, di Mall di pasar, dimanapun berada masyarakat tidak susah menemukan,‎" tandasnya. [jek]