• Kampung Bedeng Kini Punya 4 MCK

    Oleh : Ahmad Sayuti08 Desember 2017 13:35

    INILAH, Bandung- Tinggal di pusat perkotaan tak menjamin punya fasilitas air bersih. Hal itu pula yang dirasakan 45 kepala keluarga (KK) Kampung Bedeng, Kelurahan Cihapit, Kecamatan Bandung Wetan, Kota Bandung.

    Kesan kumuh dan kotor sudah biasa dirasakan, bahkan mereka hanya memiliki satu MCK, yang digunakan secara bergantian oleh satu kampung itu.

    Kampung yang berada tak jauh dari Kantor Walikota Bandung itu, tidak mendapat perhatian yang cukup.

    Setiap harinya, masyarakat harus bergantian satu sama lainnya, untuk menggunakan MCK satu-satunya.

    "Sudah hampir enam tahun warga punya satu MCK," kata Iah Sopiah (55) warga Kampung Bedeng.

    Kapolsek Bandung Wetan, Kompol Hidayatullah, ikut tergugah untuk membangun kampung itu. Hidayatullah, yang baru berdinas di Polsek Bandung Wetan tiga bulan kemarin, menggaet TNI dan pemerintah kecamatan dan kelurahan untuk merombak kampung yang berada di belakang kantor Polsek Bandung Kulon.

    "Saya instruksikan waktu itu, kepada Bhabinkamtibmas, untuk melihat kondisi kampung itu, dan saya bersama TNI dan pemerintah bersama-sama mencari donatur untuk melakukan renovasi di kampung Bedeng," kata Hidayattulah.

    Sedapatnya donatur, dirinya pun langsung melakukan perombakan di beberapa titik. Di antaranya, membuat mural di sepanjang pintu masuk ke gang Kampung Bedeng bersama-bersama dengan warga, petugas pemerintahan, para donatur dan juga kerjasama TNI Polri.

    Selama satu bulan lamanya, berbagai pembangunan dan perubahan pun dilakukan meremajakan Kampung Bedeng.

    "Kita juga bangunkan empat MCK yang alhamdulillah saat ini terbangun dan dapat digunakan oleh warga," jelas lulusan Akpol 2005 ini.

    Kondisi MCK yang dahulunya kumuh, sekarang menjadi bagus. Lantai sudah keramik, ditambah seni mural warna warni yang menempel di dinding MCK menimbulkan kesan bersih.

    Suasana di gang masuk pun, terlihat nyaman, tidak ada sampah, dindingnya pun tergambar seni mural yang berisikan pesan-pesan kebersihan, menimbulkan kesan yang tidak lagi kumuh.

    "Kita sebagai warga mengucapkan terima kasih sebanyak-banyak bagi Polisi TNI dan pemerintah serta para donatur, yang telah mengubah dan membantu membangunkan MCK di kampung kami," kata Yayah seorang warga lainya yang tinggal di Kampung Bedeng.