• Hari Juang Kartika, Kodam III Siliwangi Gelar Bakti Sosial

    Oleh : Ahmad Sayuti14 Desember 2017 18:57
    Istimewa

    INILAH, Bandung- Jelang peringatan Hari Juang Kartika, Kodam III/Siliwangi menggelar berbagai kegiatan bakti sosial (Baksos). Mulai dari membagikan ribuan paket sembako gratis, sunatan masal, hingga pemberian santunan kepada para veteran dan anak yatim piatu.

    Hari Juang Kartika sendiri jatuh pada 15 Desember 2017. Untuk memperingatinya Kodam III/Siliwangi menggelar kegiatan baksos dan berbagi dengan masyarakat. Kegiatan sendiri dilaksanakan di Lapangan Manunggal Brigif 15/Kujang II, Jalan Sudirman, Kota Cimahi, Kamis (14/12/2017).

    Kegiatan baksos tersebut langsung dipimpin oleh Kasdam III/Siliwangi Brigjen TNI YP Sembiring. Kendati digelar di Cimahi, namun baksos diikuti oleh warga Bandung Raya, yakni warga Kota Bandung, Kota Cimahi, Kabupaten Bandung, dan Kabupaten Bandung Barat.

    Kegiatan baksos yang dilakukan Kodam III/Siliwangi, yakni berupa khitanan massal yang diikuti oleh 684 anak, memberikan santunan kepada 685 orang Veteran dan Warakawuri, santunan kepada 655 anak yatim piatu, serta membagikan 3.250 paket sembako gratis kepada masyarakat yang kurang mampu.

    Pangdam III/Siliwangi Mayjen TNI Doni Monardo dalam sambutannya yang dibacakan Kasdam III/Siliwangi Brigjen TNI YP Sembiring mengatakan, kegiatan Baksos yang selalu dilaksanakan setiap tahun menjelang Hari Juang Kartika merupakan bentuk kepedulian TNI AD kepada masyarakat yang kurang mampu, serta untuk lebih meningkatkan jalinan kemanunggalan antara TNI dan Rakyat.

    “ Tanpa rakyat, TNI itu tidak ada apa-apanya. Bersama rakyat TNI akan kuat,” katanya dalam keterangan tertulis yang diterima wartawan, Kamis n(14/12/2017).

    Lebih lanjut menurut Pangdam, selain baksos peringatan hari Juang Kartika juga dilaksanakan dengan berbagai kegiatan lainnya, seperti penghijauan, kerja bakti, dan perbaikan Rutilahu. Di bidang kesehatan pihaknya melaksanakan donor darah, pemeriksaan kesehatan termasuk pemeriksaan gigi, serta khitanan masal dan doa bersama.

    "Kegiatan ini juga dilaksanakan di seluruh wilayah Kodam III/Siliwangi termasuk Korem dan Kodim beserta jajarannya," katanya.

    Disisi lain, Kasdam berharap dengan adanya kegiatan baksos ini kemanunggalan TNI dan rakyat semakin kuat. "TNI itu betul-betul milik rakyat, dalam situasi gembira, sedih, dan duka TNI akan tetap bersama rakyat," ucapnya.

    Usai kegiatan Baksos, warga berbondong-bondong menaiki kendaraan tempur yang sudah disiapkan untuk pelaksanaan upacara puncak peringatan Hari Juang Kartika yang akan digelar di Lapangan Brigif 15 Kujang II, Jumat (15/12/2017). [jek]

    TAG :


    Berita TERKAIT