• Longsor Ancam 5 Rumah di Dekat Kantor Pemda KBB

    Oleh : Fuad Hisyamudin04 Januari 2018 14:31
    INILAH, Bandung-Sebanyak 5 rumah dengan 21 jiwa terancam longsor, di Kampung Ciloa RT 03/02 Desa Mekarsari Kecamatan Ngamprah Kabupaten Bandung Barat (KBB). Lokasi tersebut tak jauh dari kantor pemerintahan setempat.

    Informasi yang dihimpun di lapangan, longsor terjadi pada Rabu (3/1/2018) tengah malam. Lokasi pemukiman yang ada di bagian tebing itu ambrol ke bawah. Sebagian pondasi rumah ada yang terbawa longsoran tanah.

    Kejadian ini mengagetkan warga yang tengah terlelap tidur. Suara longsoran seperti gemuruh sehingga para penghuni kaget dan segera menyelamatkan diri.

    "Tidak ada korban jiwa. Tiga KK langsung mengungsi ke rumah kerabatnya. Dua KK lagi masih bertahan dan tetap waspada," ungkap Kabid Kedaruratan dan Logistik Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) KBB Dicky Maulana, di lokasi kejadian, Kamis (4/1/2018).

    Berdasarkan informasi yang diterimanya, longsor terjadi karena curah hujan yang cukup tinggi dalam beberapa hari terakhir ini. Ditambah lagi, lokasi pemukiman yang berada di dataran tinggi yang rawan longsor.

    "Sekitar pukul setengah dua belas malam terjadinya longsor. Tingginya (longsoran) hingga 20 meter dan lebarnya sekitar 30 meter," ujarnya.

    Pada Kamis (4/1) ini, pihaknya langsung melakukan evakuasi karena longsor ini telah mengancam 5 rumah dengan total seluruhnya ada 21 jiwa yang terancam.

    Adapun nama-nama kepala keluarga yang menjadi korban, yakni Wahyu (41), Burhan (38) , Mita (46), Dadang (47) dan Ibu Jawa (50). "Sudah diungsikan ke kerabatnya yang lebih aman," katanya.

    Dia mengimbau kepada masarakat agar senatiasa waspada. Terutama di musim hujan seperti ini.

    "Warga harus tetap siaga, kamungkinan longsor di wilayah ini bisa terjadi lagi," katanya. )


    TAG :


    Berita TERKAIT