• Headline

    Ini Kesiapan Para Kandidat di KBB

    Oleh : Fuad Hisyamudin17 Januari 2018 20:00
    INILAH, Bandung-Tahapan Pemilihan kepala daerah (Pilkada) di Kabupaten Bandung Barat (KBB) tepat waktu. Dan, para kandidat yang akan bertanding sudah semakin mantap menyiapkan berbagai strategi kemenangan.

    Di kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) KBB Jalan Raya Tagog Apu Padalarang-Purwakarta, para bakal calon (balon) Bupati/Wakil Bupati periode 2018-2023 berkumpul. Mereka menerima pengumuman pernyataan lolos menempuh persyaratan kesehatan.

    Ketua KPU KBB Iing Nurdin mengatakan, hasil pemeriksaan ini telat diterimanya pada Selasa (16/1/2017) malam dan langsung diumumkan Rabu (17/1) ini.

    "Kemarin malam kita dapat hasil pemeriksaan kesehatan itu dari Tim Kesehatan. Kemudian kita sampaikan hari ini pada mereka," ujar Iing, disela-sela penyerahan hasil pemeriksaan kesehatan pada para balon, di sekretariat KPU KBB Rabu (17/1).

    Bagaimana hasilnya? Kata Iing, informasi hasil pemeriksaan tersebut bersifat rahasia. Dan akan disampaikan langsung oleh tim dokter dari Rumah Sakit Hasan Sadikin (RSHS) dan Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Jawa Barat.

    "KPU menerima hasil pemeriksaan tersebut dalam amplop tertutup," katanya.

    Meski demikian secara garis besar, semua balon tersebut dinyatakan layak menjadi calon Bupati/Wakil Bupati Bandung Barat tersebut. Kemudian setelah itu kata Iing, para balon harus memenuhi persyaratan administrasi lainnya.

    "Kita tunggu administrasi lainnya sampai tanggal 20 Januari 2018," terangnya.

    Dari sekian persyaratan administrasi wajib dilaporkan balon ke KPU menurut Iing, diantaranya surat LHKPN yang belum diserahkan mereka. KPU masih memberikan toleran hingga batas waktu yang ditentukan tersebut.

    Sementara, agenda penyerahan surat kesehatan itu kehadiran balon tidak lengkap. Pasangan Aa Umbara Sutisna, yakni Hengki Kurniawan tidak hadir. Begitu juga pasangan jalur perseorangan Ikeu-Uben hanya dihadiri Uben.

    Sedangkan pasangan Elin-Maman (Emas) serta Doddy-Pupu (Kado) kompak hadir dan menerima langsung surat hasil pemeriksaan kesehatan tersebut.

    Terpisah, masing-masing kandidat kepada wartawan mengaku, mereka telah siap untuk bertarung di Pilbup Bandung Barat itu. Mereka juga memastikan persyaratan administrasi bisa dipenuhi sesuai aturan.

    Aa Umbara balon bupati dari PKS, Nasdem, Demokrat, PAN dan PKPI mengatakan, bahwa dirinya sudah mempersiapkan diri melalui berbagai tahapan KPU.

    Termasuk tes kesehatan. Aa dengan pasangannya Hengki Kurniawan, sejak awal telah berlari untuk merebut hati rakyat melalui blusukan ke daerah.

    "Mungkin larinya harus dikencangkan lagi. Karena dari dulu juga kita sudah lari. Kalau untu persyaratan administrasi, nggak ada masalah. Kita ikuti aja aturannya," katanya.

    Sementara Balon Bupati dari PDI Perjuangan Elin S Abubakar mengatakan bahwa dirinya sudah melakukan berbagai persiapan dan melengkapi persyaratan KPU. Termasuk salah satunya LHKPN.

    "Sudah saya kirimkan ke KPK kemarin. Begitu juga dengan yang punya ibu (Elin S Abubakar) sudah masuk," ucapnya.

    Untuk kesiapan pasca persyaratan kesehatan terpenuhi, Elin yang menggandeng Maman menyatakan sudah sangat siap. "Insya Allah saya siap karena jauh-jauh hari juga sudah dipersiapkan segala sesuatunya," terangnya.

    Begitu juga dengan pasangan Doddy-Pupu, Kang Doddy menyebut, bahwa dia dan pasangannya tidak ada persoalan dengan persyaratan administrasi.
    Tentang kesiapan, dia menyatakan sudah cukup matang. Termasuk pembagian tugas untuk kampanye nanti.

    "Insya Allah kita akan bagi wilayah. Bu dr. Pupu fokus di wilayah selatan. Saya di wilayah utara dan barat. Tapi adakalanya kita bareng-bareng," tutur Doddy. [jek]

    TAG :


    Berita TERKAIT