• Headline

    Buang Limbah ke Sungai, Tiga Usaha Laundry Ditindak Polisi

    Oleh : Ahmad Sayuti22 Januari 2018 14:41
    INILAH, Bandung- Membuang limbah tanpa izin, Dit Reskrimum Polda Jabar mengamankan tiga pelaku usaha di Kabupaten Bandung Barat. Ketiganya merupakan pengusaha cucian barang tekstil, dan tanpa memiliki izin usaha yang sah.

    Kapolda Jabar Irjen Pol Agung Budi Maryoto mengatakan, tiga usaha pencucian yang ditindak tersebut, yakni Xpresss Laundry, Ciharuman Laundry, dan Elvito Washing.

    "Limbah hasil pencucian dibuang langsung tanpa proses pengolahan air limbah. Dibuangnya ke anak sungai dan bermuara di Sungai Citarum," katanya kepada wartawan di Mapolda Jabar, Jalan Soekarno Hatta, Senin (22/1/2018).

    Ia menjelaskan, limbah yang dihasilkan dari hasil pencucian barang tekstil tersebut yakni berupa sabun cair, bahan kimia OBA, ABS, Silikon, Sodium Sulfat, dan Softener, Kausik, PK, Bio Wash dan pewarna.

    Dalam sehari, lanjutnya, ketiga perusahaan tersebut bisa membuang limbah cair hasil pencucian dari konveksi sebanyak 200 hingga 500 potong pakaian. Pihaknya masih mendalami kasus pembuangan limbah cair ke anak Sungai Citarum tersebut.

    Agung menyebutkan, ketiga pemilik usaha tersebut, yakni HI, H dan D. Kepada ketiganya belum dilakukan penahanan, lantaran pihaknya masih menunggu hasil uji laboratorium untuk mengetahui dampak dibuangnya limbah tersebut ke sungai.

    Selain itu pihaknya masih melakukan pemeriksaan saksi, mengambil sampel limbah cair dan padat, dan melakukan status quo berupa pemasangan police line. Sejumlah bahan kimia untuk pencucian pun diamankan sebagai barang bukti.

    "Kita masih mengembangkan kasus ini, tidak menutup kemungkinan di wilayah Kabupaten Bandung masih ada pengusaha serupa," ujarnya.

    Tags :
    # #


    Berita TERKAIT