• Pengedar 230 Kg Ganja dari Aceh Segera Dituntut Jaksa

    Oleh : Ahmad Sayuti13 Februari 2018 16:38
    INILAH, Bandung- Selundupkan 230 kilogram ganja dari Aceh, sebanyak lima terdakwa terancam hukuman penjara lama. Kelimanya, yakni Suparman alias Parman, Junaedi alias Boboy, Rojani alias Batok, Bukhori Muslim, dan Imam Ismanudin.

    Hal itu terungkap dalam sidang penyelundupan ganja seberat 230 kilogram di Pengadilan Negeri (PN) Kelas 1A Khusus Bandung, Jalan RE Martadinata, Selasa (13/2/2018).

    Sidang dipimpin M Fuad tersebut beragendakan pemeriksaan terdakwa, dan ditunda dua pekan ke depan dengan agenda tuntutan.

    Dalam berkas dakwaannya, Jaksa Penuntut Umum (JPU) Kejati Jabar Billy menyebutkan, terungkapnya perbuatan kelima terdakwa berawal saat tim BNNP Jabar menerima informasi soal adanya pengiriman ganja dari Aceh ke Bogor.

    "Kemudian tim BNNP Jabar menangkap Junaedi dan Rojani, sopir dan kernet pickup yang dimodifikasi," ujarnya.

    Pickup bernopol B 9512 PAB hitam diamankan di perempatan Gunung Sindur, Kabupaten Bogor. Kemudian, saat digeledah ditemukan barang bukti 220 bungkus daun ganja kering yang disimpan di bawah bak mobil pickup yang telah dimodifikasi.

    Setelah dilakukan pemeriksaan kepada dua terdakwa, barang haram tersebut akan dikirimkan ke Bukhori (berkas terpisah) di kawasan Tanah Sereal. Kemudian tim melakukan pengembangan, dan berhasil menangkap Bukhori dan Imam Ismanudin serta Suparman.

    Akibat perbuatannya kelima terdakwa dijerat pasal 114 ayat
    (2) sebagaimana dakwaan primair, dan dakwaan subsidair pasal 111 ayat 2, Jo pasal 132 ayat 2 UU Narkotika dengan ancaman pidana maksimal hukuman mati, seumur hidup dan denda Rp 10 miliar.

    "Sidang ditunda dua pekan dengan agenda tuntutan," ujar Billy usai persidangan.

    TAG :


    Berita TERKAIT